Mirip Adegan Film 'Up', Rumah Kuno Berhasil Pindah Lokasi

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 10:50 WIB
Akhir pekan kemarin warga San Francisco dihibur oleh proses pemindahan rumah kuno berusia 139 tahun. Prosesnya berlangsung enam jam. Proses pemindahan rumah kuno berusia 139 tahun di San Francisco, California, Amerika Serikat. (REUTERS/BRITTANY HOSEA-SMALL)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah ialah tempat kenangan berada. Di Indonesia dan penjuru dunia, bahkan ada tradisi memindahkan bangunan rumah beserta isinya.

Belum lama ini dikabarkan ada rumah bergaya Victoria di San Francisco, California, Amerika Serikat, yang dipindahkan ke lokasi baru.

Pemindahan tersebut berlangsung pada Minggu (21/2) dan tentu saja mendapat perhatian dari banyak orang.


Rumah kuno berusia 139 tahun itu dipindahkan enam blok dari Franklin Street ke Fulton Street.

Komunitas sejarah mengatakan ini adalah pertama kalinya sejak tahun 1974 ada rumah bergaya Victoria yang dipindahkan di San Francisco.

Rumah yang dikenal dengan nama Englander House ini dipindahkan ke tempat baru yang berjarak enam blok dalam waktu sekitar enam jam.

"Ada beberapa gangguan di jalan. Pohon sampai rambu jalan," kata Lana Costantini dari San Francisco Historical Society seperti yang dikutip dari abc7news.

Truk raksasa membawa rumah dengan kecepatan sekitar satu kilometer per jam dan harganya mencapai US$400 ribu (sekitar Rp5,6 miliar). Pemindahannya juga telah mendapat izin dari pemerintah kota.

Rumah dengan enam kamar tidur, tiga kamar mandi ini masih memiliki kayu asli dan rangka besi dari abad ke-19.

Pemindahan rumah bukanlah tugas yang mudah. Kabel listrik, meteran parkir, dan lampu jalan dilepas saat proses berlangsung. Rute lalu lintas juga harus diubah.

Tapi persiapan sudah dilakukan. Penebang pohon bersiaga, dan polisi sudah menutup jalan.

"Saya khawatir ketika mereka mencoba untuk berbelok di Jalan Golden Gate. Lalu saya terkejut karena mereka berhasil melewatinya," kata Saron Eyob, salah satu warga yang tinggal di dekat rumah tersebut.

"Sungguh fenomenal melihat rumah ini dipindahkan," kata Wanda Ramos yang tinggal di dekat lokasi asli rumah tersebut, seperti yang dikutip dari REUTERS.

Gary Carter yang tinggal di dekat lokasi baru rumah itu mengatakan hal serupa. "Bangunannya cukup besar, sangat menakjubkan," katanya.

Sebastian Luke, salah satu dari sekian banyak orang yang menyaksikan proses pemindahan, hanya bisa berkata, "Ini adalah bangunan yang indah."

Tak sedikit warga dan netizen yang membandingkan rumah berusia lebih dari satu abad itu dengan rumah yang dipindahkan dengan balon dalam film animasi 'Up'.

(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK