Mitos atau Fakta: Cabut Uban Buat Uban Lebih Banyak

tim, CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 17:23 WIB
Ketika ingin mencabut uban, ada beberapa mitos yang mengungkapkan bahwa uban tak boleh dicabut karena akan makin banyak uban yang muncul. Mitos atau fakta? ketika ingin mencabut uban, ada beberapa mitos yang mengungkapkan bahwa uban tak boleh dicabut karena akan makin banyak uban yang muncul. Mitos atau fakta?( Istockphoto/emapoket)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesal rasanya begitu melihat ada uban muncul di antara rambut hitam Anda. Rasanya ingin mencabut uban agar rambut tetap hitam sempurna dan terlihat lebih muda.

Namun ketika Anda ingin mencabut uban, ada beberapa mitos yang mengungkapkan bahwa uban tak boleh dicabut karena akan makin banyak uban yang muncul. Mitos atau fakta?

"Itu benar-benar mitos," kata ahli pewarna rambut selebriti Matt Rez dikutip dari Mind Body Green.


"Uban tidak akan muncul lagi di tempat yang sama."

Dia mengungkapkan hanya ada satu rambut yang tumbuh per folikel, jadi mencabut sehelai uban tidak akan memicu uban lainnya tumbuh lebih banyak.

Randy Schueller, penulis buku soal mitos dan kecantikan It's Ok to Have Lead in Your Lipstick juga mengungkapkan bahwa mencabut satu uban tak akan memunculkan uban lebih banyak.

Jika Anda melihat semakin banyak uban bermunculan, maka kemungkinan besar itu karena penuaan alami atau karena alasan lainnya seperti stres atau lainnya. Dan ini bukan karena Anda sudah mencabut sehelai uban.

Ada alasan, kata Rez, mengapa orang berpikir tentang hal tersebut. Uban sebenarnya memiliki tekstur yang berbeda dari helai berpigmen lainnya karena cenderung sedikit lebih kasar (ketika folikel menghasilkan lebih sedikit melanin, ia juga cenderung menghasilkan lebih sedikit sebum dan menghasilkan rambut yang lebih kering dan kasar). Ini yang membuat uban terlihat lebih menonjol dibanding rambut lainnya.

Uban (Dok.Pixabay/LisaRedfern)Foto: Pixabay/LisaRedfern
Uban (Dok.Pixabay/LisaRedfern)

Bahkan ketika Anda mencabut uban dari kepala, folikel rambut akan tetap menumbuhkan rambut kembali menjadi abu-abu. Ini adalah proses internal yang terjadi ketika sel-sel pigmen rambut Anda mulai menurun. Alhasil menghilangkan helaian uban tak akan menghasilkan apa-apa dan tak akan membuat rambut kembali hitam.

Ditambah lagi, mencabut rambut bisa menyebabkan trauma pada folikel; bahkan bisa rusak dan mati jika Anda melakukannya berulang kali - begitu hal itu terjadi, rambut tidak akan pernah bisa tumbuh kembali dan membuat Anda jadi botak.

"Tak ada salahnya mencabut uban, tapi itu juga tak ada gunanya buat Anda," kata Schueller dikutip dari Today.

"Jika Anda benar-benar mencabut uban, Anda bisa merusak folikel hingga tidak lagi menumbuhkan rambut sama sekali. Kalau begitu, Anda tidak akan memiliki uban di tempat itu tapi kamu juga tidak akan memiliki rambut sama sekali di sana!"

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK