Niat Puasa Ayyamul Bidh 25-27 Februari 2021

tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 19:00 WIB
Berikut bacaan niat puasa ayyamul bidh pada 25-27 Februari di bulan Rajab. Berikut bacaan niat puasa ayyamul bidh pada 25-27 Februari di bulan Rajab. ( iStockphoto/seksanwangjaisuk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bulan Rajab memasuki pertengahan bulan. Umat Islam disunnahkan melakukan puasa setiap pertengahan bulan atau dikenal dengan ayyamul bidh. Berikut bacaan niat puasa ayyamul bidh pada 25-27 Februari di bulan Rajab.

Puasa ayyamul bidh adalah puasa yang dilakukan pada pertengahan bulan. Puasa ini dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 setiap bulan Hijriah. Pada bulan Rajab ini, puasa tersebut bertepatan dengan 25-27 Februari.

Puasa Ayyamul Bidh boleh dilakukan tiga hari berturut-turut maupun satu atau dua hari saja.


Tata cara melakukan puasa ayyamul bidh sama dengan puasa wajib dan puasa sunah lainnya. Puasa ayyamul bidh dimulai dengan niat, lalu menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa seperti makan minum dan hawa nafsu. Puasa dimulai dari terbit fajar atau ditandai dengan azan Subuh hingga terbenam matahari atau ditandai dengan azan Magrib.

Niat puasa ayyamul bidh boleh dilakukan di malam hari atau pada pagi hari dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa. Niat boleh diucapkan secara lisan maupun di dalam hati.

Berikut bacaan niat puasa ayyamul bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu Sauma Ayyami Bidh Sunnatan Lillahi Ta'ala.
Saya berniat puasa sunah ayyamul bidh karena Allah ta'ala.

Puasa ayyamul bidh memiliki banyak keutamaan. Keutamaan puasa ayyamul bidh disebutkan mendapatkan pahala sama seperti orang yang berpuasa satu tahun penuh jika dilakukan setiap bulan. Satu hari puasa ayyamul bidh seperti berpuasa selama 10 hari.

Allah SWT juga menjanjikan surga bagi orang yang rajin berpuasa, termasuk puasa ayyamul bidh.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK