Indonesia Masuk 10 Besar Kuliner Terpopuler di Instagram

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 16:01 WIB
Indonesia masuk ke dalam daftar 10 besar kuliner terpopuler di Instagram. Ilustrasi makanan khas Indonesia. Indonesia masuk ke dalam daftar 10 besar kuliner terpopuler di Instagram. (iStockphoto/ Norazaminayob)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia baru-baru ini masuk ke dalam daftar 10 besar kuliner terpopuler di Instagram.

Berdasarkan siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Jumat (26/2), Indonesia menempati posisi ke-8 dalam daftar yang dihimpun oleh Chef's Pencil, dengan lebih dari 3,8 juta tagar terkait kuliner di Instagram.

Posisi terpopuler dalam daftar tersebut diduduki oleh Jepang dengan lebih dari 15 juta tagar #Japanesefood. Perolehan itu diikuti dengan makanan Italia di peringkat kedua dengan tagar #Italianfood berjumlah sekitar 14,7 juta.


Dan di posisi ketiga, diisi oleh India dengan jumlah tagar #Indianfood sebanyak 8,5 juta.

Keunggulan Jepang dalam daftar ini disebut cukup mengejutkan karena mengalahkan China, Italia, dan India. Apalagi, pembuatan sushi di rumah dianggap tidak sepopuler pembuatan pasta atau kari.

Namun hasil analisa menunjukkan bahwa popularitas makanan Jepang tak lepas dengan visualnya yang menarik dan sejalan dengan fungsi platform Instagram yang menonjolkan nilai visual.

Sejak berabad-abad, Jepang meyakini bahwa penyajian dan tampilan sama pentingnya dengan rasa makanan.

"Tidak dapat disangkal daya tarik visual dari sushi, ekspor makanan utama Jepang. Bukan hanya semangat warnanya, tapi juga kebesaran ikannya, kerumitan gulungannya," kata Kaz Matsune, pendiri Breakthrough Sushi.

"Ada ritme dalam sepiring sushi, simetri dalam pola berulang yang memiliki daya tarik purba. Singkatnya, mereka adalah karya seni yang dicatat otak kita dalam sekejap."

Daftar ini dianalisis Chef's Pencil berdasarkan data Instagram pada Februari 2021 dengan peringkat didasarkan pada jumlah tag.

Kuliner Asia mendominasi Top 10

Selain dari Italia dan Meksiko (posisi ke-6), daftar 10 besar kuliner terpopuler di Instagram didominasi untuk selera Asia.

Baik Instagram yang mendorong tren atau mencerminkannya, skornya menunjukkan preferensi yang jelas untuk semua makanan Asia.

Makanan Thailand telah menjadi masakan internasional paling populer di Australia dan Selandia Baru, dan merupakan salah satu masakan internasional terpopuler di Kanada, AS, dan Afrika Selatan.

Sebuah survei yang dilakukan di antara 250 koki oleh Chef's Pencil tahun lalu memberi peringkat tiga negara Asia Tenggara - Filipina, Thailand, dan Vietnam - di antara lima tujuan kuliner paling 'underrated' di dunia.

Koki yang diwawancarai merasa bahwa ketiga masakan dari ini, dan hampir semua masakan Asia Tenggara, layak mendapatkan lebih banyak pengakuan yang lebih tinggi di dunia kuliner.

Dan terlebih lagi, makanan Asia telah mendapatkan reputasi sebagai makanan yang lebih sehat daripada makanan Barat.

Generasi Milenial dan Gen Z yang sadar kesehatan senang menggunakan Instagram untuk menyombongkan pilihan makanan sehat mereka, yang tidak hanya terlihat bagus, tetapi juga membuat mereka terlihat lebih baik dan lebih sehat.

Di samping itu, beberapa makanan Asia seperti Korea menawarkan sesuatu yang mulai diinginkan para pecinta kuliner: sebuah pengalaman.

Ini bukan hanya tentang makanan yang Anda makan, tapi pengalaman itu sendiri juga sama pentingnya. Dalam hal ini, kesuksesan besar film Parasite disebut membantu mengalihkan perhatian dunia ke Korea Selatan dan semua yang ditawarkannya.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK