Keliling Labirin Eropa Kuno di Taman Bunga Nusantara

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 17:14 WIB
Bukan cuma taman berisi tumbuhan, di Taman Bunga Nusantara juga ada taman labirin bergaya Eropa kuno yang seru. Ilustrasi taman labirin. (iStockphoto/fotocelia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Taman Bunga Nusantara yang berada di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sering disebut Taman Bunga Puncak atau Taman Bunga Cipanas.

Dari Jakarta, perjalanan dengan kendaraan bermotor menuju Taman Bunga Nusantara sekitar 2,5 sampai 3 jam.

Taman Bunga Nusantara merupakan area pertama yang dikhususkan untuk penanaman tanaman hias di Indonesia. Lokasinya terletak dekat Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor, sehingga udaranya sangat sejuk.


Taman seluas 23 hektare ini oleh ibu Tien Soeharto pada 10 September 1995.

Ada beragam taman bertema yang bisa dikunjungi di sini, mula dari Taman Bali, Taman Mediterania, Taman Mawar, Taman Prancis, Taman Palem, Taman Air, sampai Taman Gaya Jepang.

Selain taman yang berisi tanaman hias, terdapat juga taman labirin yang berada di area berenama Taman Rahasia.

Konsep taman labirin atau yang lebih dikenal dengan nama 'Garden Labyrinth', 'House of Daedalus', 'The Troy of Town', atau 'The Wall of Troy' telah ada berabad-abad yang lalu.

Taman labirin merupakan gagasan arsitektural yang menunjukkan bentuk jalan berkelok-kelok tak berujung yang mengarah ke istana atau tempat khusus.

Jalanannya sengaja dibuat berkelok-kelok guna mengecoh musuh.

Taman labirin di Taman Bunga Nusantara dibangun dengan pola Renaissance yang populer dalam sejarah arsitektur Eropa.

Tak perlu takut tersesat saat masuk ke dalamnya, karena ada peta yang disediakan.

Usai keliling Taman Rahasia, jangan lupa Menara Pandang, berupa bangunan bertingkat tiga setinggi 29 meter.

Dari Menara Pandang, Anda bisa menikmati pemandangan Taman Bunga Nusantara dari ketinggian.

Rumah Kaca juga bisa disambangi bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut soal tanaman. Area ini juga menjadi salah satu lokasi favorit untuk berfoto.

Kalau ingin keliling kompleks Taman Bunga Nusantara tanpa lelah juga bisa menumpang Garden Tram. Harga tiketnya Rp50 ribu per orang.

Taman Bunga Nusantara menyediakan lokasi piknik bagi yang ingin menyantap makanan atau minuman di bawah pepohonan yang teduh. Tapi jangan lupa tetap jaga kebersihan selama kongko di sini.

Sebelum pulang, sempatkan diri untuk mengunjungi Bursa Bunga dan Tanaman, siapa tahu menemukan bibit tanaman yang bisa dibeli untuk ditanam di rumah.

Cek sosial media Taman Bunga Nusantara sebelum datang untuk pemesanan tiket dan informasi musim mekar bunga yang sedang berlangsung.

[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]



[Gambas:Instagram]




(ard/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK