Napak Tilas Kisah Jin di 'Desa Lumpur' Oman

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 13:43 WIB
Trekking dan napak tilas kisah jin menjadi magnet kedatangan turis ke Desa Misfat al-Abriyeen. Turis berfoto di depan rumah dari batu bata lumpur yang kini telah disulap menjadi hotel butik. (AFP/MOHAMMED MAHJOUB)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bertengger di puncak gunung Oman, Desa Misfat al-Abriyeen berusaha mendulang keuntungan dengan mengubah bangunan rumah dari batu bata berbahan lumpur menjadi hotel butik, demi menarik kedatangan wisatawan ke wilayah yang terkenal dengan jalur pendakian dan kisah jinnya ini.

Desa dengan 800 penduduk, yang terletak di lereng dramatis "Grand Canyon" Oman, membuka jalan sempitnya enam tahun lalu bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang mencari petualangan di gurun dan sudut hijau kesultanan Teluk.

Penduduk desa bernama Yacoub al-Abri mengatakan semuanya dimulai pada 2010, ketika pamannya menyarankan agar mereka membereskan "rumah-rumah lumpur" yang telah terbengkalai selama bertahun-tahun di pemukiman kuno yang berjarak sekitar tiga jam perjalanan kendaraan bermotor dari ibu kota Muscat.


Pemiliknya telah meninggalkan rumah yang telah berusia berabad-abad itu, karena khawatir runtuh, dan telah pindah ke desa lain yang pemukimannya berupa bangunan baru dengan struktur yang modern.

Idenya adalah "untuk menggabungkan lingkungan sederhana dan alami dari kehidupan kuno Oman dengan sentuhan modern yang memberikan kenyamanan dan keamanan," kata Abri kepada AFP, seperti yang dikutip pada Senin (1/3).

Rumah berdinding krem, terbuat dari batu bata lumpur dengan atap pelepah lontar, diubah menjadi penginapan sederhana namun elegan dilengkapi dengan kayu dan tekstil tradisional.

Lima tahun setelah ide itu dirancang, hotel butik pertama keluarga tersebut berdiri dan beroperasi, menginspirasi tetangga dan penduduk desa di tempat lain di Oman untuk mengikuti jejak mereka.

"Kami mulai dengan lima kamar saja, lalu kami tambah jumlahnya dan beli rumah-rumah tua lainnya. Saat ini kami punya 15 kamar dan ada rencana untuk terus berkembang hingga mencapai 50 kamar," kata Abri.

Pegunungan dan jin

Misfat al-Abriyeen memiliki elemen yang tepat untuk berkembang.

Di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, desa kecil yang merupakan rumah bagi suku Abri ini merupakan kumpulan rumah tradisional menawan yang terletak di sepanjang puluhan gang kecil, yang dipenuhi tanaman pisang dan pohon jeruk dan palem.

Ini adalah bagian dari wilayah yang dikenal sebagai Grand Canyon of Oman di mana wisatawan dapat mendaki gunung dan lembah berbatu, dan mengenal budaya tradisional masyarakat setempat.

Tetapi wilayah ini juga terkenal dengan cerita jin berusia berabad-abad yang masih sering diceritakan di desa-desa serupa di seluruh negeri, meskipun modernisasi telah berlangsung selama setengah abad.

Napak Tilas Kisah Jin di 'Desa Lumpur' Oman

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK