5 Pilihan Tanaman Hias Tahan Panas

imb, CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 11:29 WIB
Sebagian tanaman hias harus dilindungi dari paparan matahari langsung. Namun, sejumlah tanaman hias tahan panas bisa jadi pilihan. Sebagian tanaman hias harus dilindungi dari paparan matahari langsung. Namun, sejumlah tanaman hias tahan panas bisa jadi pilihan. (Foto: iStockphoto/Zaizev)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kesalahan umum dalam merawat tanaman hias adalah tidak mengetahui kadar kebutuhan sinar matahari dari suatu tanaman. Sebagian tanaman tidak tahan dengan sinar matahari langsung sementara sebagian suka dengan sinar matahari yang banyak.

Merawat tanaman hias memang menyita waktu dan perhatian, berikut 5jenis tanaman hias tahan panas yang mudah perawatannya:

1. Palem Kuning

background, beautiful, botanical, botany, branch, butterfly palm, day, decoration, dypsis lutescens, element, environment, fresh, garden, green, growth, landscape, leaf, life, natural, nature, outdoor, palm tree, park, plant, stem, tree, tropical, view, wood, yellow palmTanaman hias tahan panas: Palem Kuning (Foto: iStockphoto/liuyushan)

Memiliki nama ilmiah Chrysalidocarpus Lutescens dan merupakan keluarga dari genus arecaceae. Palem kuning lebih banyak dipelihara di luar ruangan tapi tidak sedikit juga yang memelihara di pot atau dalam rumah.


Palem kuning termasuk tanaman tangguh karena dapat hidup dalam berbagai kondisi. Palem kuning juga bermanfaat mengurangi polusi dalam ruangan.

Perawatan palem pun cukup mudah, palem termasuk tanaman hias yang suka sinar matahari, jadi jika Anda menempatkan palem kuning pada pot, setiap pagi sebaiknya taruh ditempat yang terkena banyak sinar matahari.

Siram tanaman secukupnya menggunakan sprayer (semprotan), hindari air menggenang atau terlalu banyak terkena air agar tidak terjadi pembusukan akar. Pemupukan cukup dilakukan sebulan sekali.

2. Lidah Mertua

Crete, Greece, Plant, Wallpaper - Decor, Abstract, AloeTanaman hias tahan panas: Lidah Mertua (Foto: Istockphoto/Erika Parfenova)

Tanaman hias Sansevieria atau yang biasa disebut Lidah Mertua merupakan salah satu tanaman hias asli dari daerah tropis dari genus dracaenaceae.

Lidah mertua sangat mudah dibudidayakan dalam kondisi lingkungan yang kurang memadai. Jenis Sansevieria yang banyak dipelihara adalah Sansevieria Trifasciata. Lidah Mertua juga bermanfaat untuk banyak hal seperti membersihkan polusi, menghasilkan oksigen, melawan alergi.

Cara merawat Lidah Mertua pun tak terlalu sulit, cukup letakkan di tempat yang terkena sinar matahari jika ditanam menggunakan media pot. Letakkan dekat pintu atau ambang jendela.

Penyiraman pun cukup dilakukan 1 sampai 2 kali seminggu. Gunakan media tanam porous dan campuran seperti sekam bakar, pasir malang, sekam mentah, dan pupuk kendang. Pemupukan pun cukup dilakukan sebulan sekali.

3. Bunga Euphorbia

Close up of Red Christ Thorn Flower or Crown of thorns plantTanaman hias tahan panas: Bunga Euphorbia (Foto: iStockphoto/aoya183)

Jenis tanaman hias tahan panas berikutnya adalah Euphorbia. Tanaman euphorbia merupakan tanaman hias berbunga asal Madagaskar yang menyebar ke Asia dan sejumlah negara beriklim tropis lainnya.

Bunga euphorbia jarang diletakkan dalam rumah, karena tanaman hias ini dapat tumbuh mencapai lebih dari 50 cm, selain itu batang bunga euphorbia berduri dan bergetah. Tanaman hias ini umum ditempatkan pada pot luar ruangan atau pekarangan.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

Perawatan bunga euphoria terbilang mudah, bunga euphorbia cukup disiram seminggu sekali, dan tidak perlu disiram saat musim hujan, tujuannya agar tidak terjadi pembusukan akar dan perubahan warna pada daun. Bunga euphoria sangat suka matahari, dan mampu tumbuh cepat pada cuaca panas.

4. Marigold (Kenikir)

Orange Tagetes flowers close up in organic garden, many-petalled flowers with various shades of yellow, orange, bronze and red appear in every imaginable combination. Blurred background.Tanaman hias tanaman hias: Marigold (Foto: iStockphoto/Hana Richterova)

Tanaman hias Marigold sangat cantik menghias pekarangan rumah atau ruangan karena warnanya yang terlihat cerah, ceria dan segar. Tanaman hias marigold juga dikenal sebagai tanaman simbol keberuntungan.

Marigold hadir dengan kelopak bunga yang cantik dan penuh warna. Spektrum warna dari kuning hingga oranye memberikan kesan ceria. Di beberapa varietas marigold hadir dengan gradasi dua warna.

Marigold tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, marigold bahkan tahan terhadap musim panas atau kemarau yang terik. Pada banyak artikel disarankan tidak meletakkan marigold pada tempat teduh sebab akar marigold rentan terkena pembusukan dan tidak dapat mekar dengan baik.

5. Kamboja Jepang (Adenium)

Close up of pink Impala Lily flowers,Impala Lily,Desert rose flower from tropical climateTanaman hias tahan panas: Adenium (Foto: iStockphoto/Joejoesang)

Kamboja Jepang atau Adenium Obesum merupakan tanaman hias berbatang besar dengan bonggol bawah yang menyerupai umbi.

Bunga kamboja Jepang sering juga disebut dengan Mawar Padang Pasir (Desert Rose), karena berasal dari daerah kering sehingga kondisi media tanam kering di Asia Barat dan Afrika adalah habitat tanaman ini tumbuh lebih baik.

Perawatan Kamboja jepang cukup mudah, tanaman hias berbunga ini sangat menyukai matahari karenanya tak perlu khawatir tanaman akan mengering dan layu.

Sebaliknya, jika diletakkan pada tempat lembap tanaman ini sulit bertumbuh dengan baik. Media tanah yang cocok untuk Kamboja jepang adalah pasir, sekam bakar, tanah arang, tanah bakar, dan cocopeat.

Penyiramannya pun cukup dilakukan 2 hari sekali pada musim panas dengan hanya menyemprotkan air pada media tanam. Waktu terbaik untuk melakukan penyemprotan pagi hari pukul 7 hingga 9.

Sementara pada musim hujan tidak perlu disiram namun hindari terjadinya genangan air pada media tanam akibat air hujan.

Itulah 5jenis tanaman hias tahan panas yang dapat Anda pelihara. Walaupun tahan cuaca terik, perhatian akan kesuburan tanaman juga perlu diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

(imb/fjr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK