7 Manfaat Makan Yogurt untuk Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/03/2021 05:14 WIB
Yogurt merupakan salah satu makanan yang bergizi. Ada berbagai manfaat makan yogurt untuk untuk kesehatan tubuh. (Thinkstock/esigie)
Jakarta, CNN Indonesia --

Yogurt merupakan salah satu makanan yang bergizi. Ada berbagai manfaat makan yogurt untuk untuk kesehatan tubuh.

Yogurt adalah olahan susu yang dibuat dengan cara fermentasi menggunakan bantuan bakteri. Bakteri memfermentasi laktosa atau gula alami yang ditemukan di dalam susu.

Proses ini menghasilkan asam laktat yang membuat protein susu mengental. Inilah alasan yogurt memiliki rasa yang sedikit asam dan tekstur yang lebih kental dibandingkan susu.


Proses fermentasi ini juga membuat yogurt kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan.

Berikut 7 manfaat yogurt untuk kesehatan

1. Yogurt kaya mikronutrien

Yogurt merupakan makanan yang kaya mikronutrien seperti mineral dan vitamin. Dikutip dari Healthline, secangkir yogurt mengandung 49 persen kalsium harian. Kalsium baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Yogurt juga banyak mengandung vitamin B, terutama B12 dan riboflavin yang berfungsi melindungi jantung.

Selain itu, secangkir yogurt juga mengandung 38 persen kebutuhan harian fosfor, 12 persen magnesium, dan 18 persen kalium. Semua nutrisi ini baik untuk tekanan darah dan metabolisme.

2. Yogurt tinggi protein

Yogurt juga tinggi akan kandungan protein. Setiap 200 gram yogurt mengandung 12 gram protein. Kandungan protein yang tinggi baik untuk metabolisme dan pembakaran energi.

Kandungan protein ini juga membuat yogurt baik dikonsumsi saat berolahraga untuk pembentukan otot.

3. Yogurt menyehatkan saluran pencernaan

Proses fermentasi membuat yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk menyehatkan saluran pencernaan. Sejumlah studi menunjukkan probiotik pada yogurt seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus terbukti mengurangi gejala iritasi usus besar.

Penelitian lain juga menemukan probiotik dapat mencegah diare.

Berat badan sampai osteoporosis

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK