5 Tips Mengasah Soft Skill agar Karier Kian Cemerlang

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 12/03/2021 17:35 WIB
Memiliki soft skill bakal memberikan nilai tambah bagi para pencari kerja. Berikut tips mengasah soft skill. Ilustrasi. Memiliki soft skill bakal memberikan nilai tambah bagi para pencari kerja. Berikut tips mengasah soft skill. (Istockphoto/skynesher)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki soft skill bakal memberikan nilai tambah bagi para pencari kerja. Berikut tips mengasah soft skill untuk berkarier di masa depan.

Soft skill merupakan keterampilan yang bersifat cenderung abstrak. Misalnya saja kemampuan beradaptasi di lingkungan baru, kepemimpinan, manajemen waktu, dan kemampuan berkomunikasi.

Selain pengetahuan akademis dan keterampilan teknis, soft skill akan membantu seseorang dalam mencari pekerjaan.


Berikut tips mengasah soft skill agar karier lebih cemerlang, dikutip dari rilis resmi Ruangguru.

1. Cari sosok mentor

Mentor adalah orang yang lebih berpengalaman dan bisa memberikan inspirasi serta perspektif baru untuk Anda. Mentor yang baik akan membantu mengevaluasi kemampuan Anda secara objektif dan mengajak Anda untuk terus berkembang.

Tak perlu sulit mencari mentor. Cari-lah mentor dari orang-orang yang ada di lingkungan sosial Anda. Temui sosok orang yang sekiranya bisa memberikan banyak referensi.

2. Jadi relawan

Menjadi relawan akan membuka pintu bagi Anda untuk mengenal dunia baru dan bertemu banyak orang. Selain itu, peran yang Anda pegang dalam tim juga bisa membantu mengasah soft skill.

Dengan menjadi relawan, seseorang akan dituntut untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan melatih kemampuan berkomunikasi dalam tim.

3. Aktif berorganisasi

Pengalaman aktif berorganisasi memiliki nilai tinggi di mata pemberi kerja. Organisasi menjadi salah satu wadah pengembangan diri.

Dengan aktif bersama organisasi, seseorang akan dituntut untuk mengembangkan potensi diri melalui berbagai kegiatan.

4. Mencari peluang dengan magang

Pengalaman magang menjadi salah satu hal yang sangat bermanfaat. Kegiatan magang merupakan wadah bagi para mahasiswa untuk merasakan langsung seperti apa kiprah di dalam dunia kerja. Tujuannya tentu saja untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Melalui kegiatan magang, seseorang akan dituntut untuk berkomunikasi dengan banyak orang dari latar belakang yang berbeda, mengelola waktu tugas, dan tanggung jawab dengan baik, serta beradaptasi pada lingkungan yang cepat berubah dan dinamis.

5. Mengikuti kursus pelatihan

Anda juga bisa melatih soft skill dengan mengikuti berbagai kelas pelatihan. Mengikuti kursus membantu seseorang mengembangkan minat dan bakatnya untuk berkarier di masa depan.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK