TIPS TEKNOLOGI

Tips Hindari Malu saat Bagikan Presentasi Meeting Online

Dini Nur Asih, CNN Indonesia | Selasa, 08/12/2020 09:35 WIB
Waspada, berbagi layar presentasi saat meeting online bisa berubah menjadi petaka bila rekan lain dari kejauhan bisa mengintip chat penting. Ilustrasi meeting online. (Foto: iStockphoto/Ridofranz)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagi layar presentasi lewat aplikasi meeting online adalah pilihan konferensi kala pandemi Covid-19. Aplikasi itu sangat membantu untuk menghubungkan para pekerja.

Namun jika kita tidak bisa mengaktifkannya bisa menimbulkan petaka, seperti salah membagikan yang ternyata chat, atau email penting yang seharusnya tidak perlu banyak orang tahu.

Berbagi layar presentasi di desktop saat presentasi online menjadi hal yang lumrah saat menghindari paparan virus corona saat ini. Hal itu memungkinkan pengguna lain untuk melihat rencana berupa grafis dan angka-angka.


Ada beberapa kesalahan yang sering terjadi misalnya seperti lupa mematikan notifikasi WhatsApp di ponsel sehingga terlihat jelas percakapan saat presentasi online. Untuk menghindari kejadian ini ada tips membagikan presentasi online, terutama bagi kamu pemula dikutip EZ Talks dan Sprout Social:

1. Uji coba berbagi layar dengan teman atau rekan kerja

Ada banyak pekerja yang baru pertama kali mengalami pekerjaan jarak jauh, yang artinya banyak orang yang menggunakan perangkat lunak video call dan berbagi layar untuk pertama kalinya.

Jika kamu belum pernah menggunakan layanan meeting virtual, pastikan untuk menguji berbagi layar dengan teman atau rekan kerja sebelum melakukan presentasi.

2. Persiapan

Hindari berbagi layar dengan mencari-cari atau membuka halaman web maupun file yang tidak perlu dibagikan.

Sebaiknya pengguna harus sangat siap dan semua yang dibutuhkan untuk rapat atau presentasi, dengan file yang sudah terbuka.

Jika mengadakan acara webinar, pastikan slide siap digunakan ketika peserta telah bergabung. Hindari mencari file di tengah acara.

3. Matikan notifikasi

Banyak orang mengaktifkan notifikasi di komputer mereka, baik itu pesan Slack, notifikasi browser, iMessage, dan lainnya. Sebelum bergabung dengan rapat atau panggilan apa pun, ada baiknya untuk mengaktifkan mode Do Not Disturb.

4. Tutup tab ekstra

Biarkan hanya tab yang kamu perlukan agar presentasi terbuka dan mudah diakses sehingga bisa dengan cepat menavigasi dari satu halaman ke halaman lain.

5. Pilih satu jendela untuk berbagi layar

Jika kamu hanya akan berbagi satu tab, program, atau laman, sebagian besar perangkat lunak berbagi layar memungkinkan kamu memilih jendela atau program tertentu yang akan dibagikan sebelum dimulai.

Fitur ini untuk menghindari peserta lain mengintip browser lain yang secara tidak sengaja kamu buka.

(din/mik)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK