Cara Agar Tak Tertular Virus Corona B117

tim, CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 08:30 WIB
Mutasi virus corona B117 yang pertama kali muncul di Inggris telah dikonfirmasi masuk di Indonesia. Berikut beberapa cara tak tertular corona B117. Ilustrasi. Memakai masker adalah salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona B117. (iStockphoto/Mykola Sosiukin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mutasi virus corona B117 yang pertama kali muncul di Inggris telah dikonfirmasi masuk di Indonesia. Berikut beberapa cara tak tertular corona B117.

Ilmuwan telah menyatakan bahwa varian virus corona B117, yang dikenal karena susunan molekulernya, 30 hingga 70 persen lebih mudah ditularkan daripada versi asli virus yang menyebabkan Covid-19.

Apa yang harus dilakukan demi mencegah terpapar Covid-19 strain B.1.1.7 ini?


Dokter dan ahli pulmonologi dari RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, Eric Daniel Tenda mengungkapkan untuk menekan risiko penularan strain baru tersebut, perlu dilakukan genomic surveilans untuk mendeteksi varian Covid-19 baru tersebut.

"Kami butuh lebih banyak data untuk mempelajari tentang varian baru ini. Ini akan sangat membantu pemerintah untuk mengonfirmasi strain baru dan juga efektivitas public health-nya," katanya

Selain dari pemerintah, Eric juga menyarankan untuk tetap menaati protokol kesehatan.

"Apa yang bisa kita lakukan? Lanjutkan protokol kesehatan," lanjutnya.

"Pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan benar di air mengalir dan bukan hanya hand rub, vaksin secepatnya kalau memang sudah jadwalnya, dan protokol kesehatan harus dijalankan."

Berikut beberapa cara tak tertular corona B117, dikutip dari berbagai sumber.

1. Mencuci tangan

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan agar selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.

Selain itu, Anda juga bisa pakai hand sanitizer yang mengandung setidaknya 6 persen alkohol jika tidak ada air dan sabun.

Mencuci tangan disebut bisa mengurangi risiko terjadinya infeksi. Perlu untuk diketahui bahwa mencuci dan membersihkan tangan dilakukan saat melepas masker, sebelum menyentuh hidung, mata, dan mulut.

2. Gunakan masker rangkap

CDC menyebut pemakaian masker rangkap dapat meningkatkan efektivitas pencegahan penularan virus corona penyebab Covid-19.

Studi CDC menemukan penggunaan masker rangkap dapat menghalangi 92,5 persen partikel yang berpotensi menular.

Namun, tak semua masker bisa digunakan secara rangkap. Masker rangkap hanya boleh dilakukan dengan menggunakan masker medis dan masker kain.

Beberapa cara meningkatkan efektivitas masker yang disarankan CDC:

- pilih masker dengan kawat hidung
- gunakan mask filter atau brace
- periksa apakah masker sudah pas di hidung, dagu, dan mulut
- gunakan masker kain dan medis secara bersamaan
- ikat simpul tali masker untuk meningkatkan efektivitas

3. Tetap di rumah

Untuk mengurangi risiko tertular, kurangi kegiatan di luar rumah jika tidak darurat.

Saat ini siapa saja yang Anda temui di luar rumah akan memicu risiko tertular Covid-19 dan bahkan mungkin membuat pelacakan untuk virus corona menjadi lebih sulit.

Upaya untuk mempraktikkan jaga jarak juga harus tetap diterapkan setiap kali harus berkegiatan di luar rumah sebagai cara tak tertular corona B117.

4. Vaksinasi

Vaksinasi dikatakan menjadi upaya yang bisa membantu adanya lonjakan virus yang berulang. Hal ini juga membantu mencapai kekebalan kelompok lebih dekat, dan bisa mengurangi keparahan infeksi.

Selain itu, ahli menyarankan untuk segera divaksin jika sudah tersedia. Saat ini, upaya vaksinasi dilakukan secara bertahap dengan kelompok prioritas dan kelompok yang rentan.

(agn/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK