7 Tanaman Hias yang Wangi Cocok Jadi Pengharum Ruangan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 05/03/2021 11:30 WIB
Memiliki tanaman beraroma wangi tak cuma mempercantik ruangan tapi membuat rileks pemiliknya. Berikut rekomendasi tanaman hias yang wangi dengan bunga indah. Memiliki tanaman beraroma wangi tak cuma mempercantik ruangan tapi membuat rileks pemiliknya. Berikut rekomendasi tanaman hias yang wangi dengan bunga indah. (Foto: blanculamarkova0/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman hias umumnya digunakan untuk memperindah taman ataupun ruangan supaya asri. Tapi ternyata, ada jenis tanaman hias yang mengeluarkan bau wangi sehingga cocok untuk dijadikan pengharum alami.

Tidak hanya itu, manfaat memiliki tanaman dengan aroma wangi juga bisa membuat rileks pemiliknya, terlebih bagi Anda yang sibuk berkegiatan sehari-hari.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

Mengutip dari laman Country Living, berikut ini rekomendasi jenis tanaman hias yang menghasilkan wangi-wangian.


1. Bunga Cempaka

[Gambas:Instagram]

Bunga cempaka wangi atau magnolia champaca merupakan tanaman dari anggota suku Magnoliaceae. Ciri pohonnya hijau abadi dengan bunga putih kekuningan sebagai sumber wanginya.

Cempaka wangi juga menjadi flora identitas dari Provinsi Aceh, bahkan di sana dikenal dengan nama Bungong Jeumpa Gadeng.

Aroma yang dimiliki cempaka sering dijadikan komponen wewangian parfum. Selain itu, ada pula essential oil magnolia dengan berbagai manfaat, salah satunya bisa melembapkan kulit.


2. Gardenia

The White Gardenia Flowers Blooming in The Tree ShopFoto: iStockphoto/wichatsurin
Ilustrasi. Gardenia adalah salah satu tanaman hias yang wangi 

Tanaman hias yang wangi selanjutnya adalah gardenia atau jempiring (kacapiring). Bunga tanaman ini menjadi maskot dari Kota Denpasar, Bali.

Gardenia masuk ke dalam jenis tanaman perdu asal suku Rubiaceae yang pertumbuhannya menghasilkan berbunga, dengan ciri bunga putih dan bergelombang.

Gardenia dapat diletakkan di dekat jendela agar angin yang bertiup menyebarkan wewangian. Bahkan ekstrak gardenia pun dapat digunakan sebagai bahan minyak wangi.


3. Sweet Alyssum

[Gambas:Instagram]

Sweet Alyssum (Lobularia maritima) merupakan bunga yang juga mempunyai aroma wangi cukup kuat dan manis seperti madu. Tanaman yang berasal dari wilayah Mediterania ini berukuran sekitar 30 cm.

Batang pada bunga alyssum sangat bercabang dan ditumbuhi bunga-bunga kecil yang padat sehingga strukturnya terlihat merata serta rapi.

Bunga sweet alyssum dapat disimpan dalam vas untuk mengharumkan ruangan. Variasi warnanya terbilang sangat beragam yaitu putih, ungu, merah muda, krem, atau kuning,


4. Mawar

Rose, Blume, Einzelne Blume, Pflanze, busch, vieleFoto: iStockphoto/deepblue4you
Ilustrasi. Mawar adalah salah satu tanaman hias yang wangi

Bunga rose atau mawar dari famili Rosaceae, sering disebut-sebut sebagai primadona flora yang melambangkan kasih sayang.

Mawar itu sendiri terdiri dari 100 spesies lebih, dan varietas mawar liar biasanya banyak tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

Wangi khas dari bunga mawar memang sudah tidak asing karena banyak dimanfaatkan produsen wewangian seperti parfum, lotion, pewangi pakaian maupun pengharum ruangan alami.

5. Bunga Bakung Gunung

[Gambas:Instagram]

Tanaman dengan nama lily of the valley ini memiliki bunga kecil-kecil bentuk mirip lonceng yang memberi aroma menyenangkan. Anda bisa menaruhnya dalam pot sebagai hiasan sekaligus mengharumkan ruangan.

Bunga ini juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Namun, jangan sampai tertelan karena bunga bakung gunung mengandung racun yang bisa berakibat fatal.

6. Lavender

Ilustrasi LavenderFoto: Kaz/Pixabay
Ilustrasi. Lavender adalah salah satu tanaman hias yang wangi


Lavender tergolong tanaman hias dengan bunga beraroma kuat. Menaruh satu pot tanaman lavender sudah bisa membuat ruangan menjadi lebih harum.

Lavender mengandung zat linalool yang berperan sebagai terapi aroma dapat memberi efek anti cemas, rileks, dan membuat pemiliknya jadi lebih cepat tidur.

Selain itu, kandungan linalool dan linalyl asetatnya sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga cocok jadi tanaman hias pengusir nyamuk secara alami.


7. Sedap Malam

[Gambas:Instagram]

Tanaman sedap malam dapat memberikan aroma wangi yang tajam khususnya di malam hari.

Tidak hanya menciptakan wewangian, menghirup aroma sedap malam yang disimpan dalam ruangan juga berkhasiat membuat rileks, meningkatkan sirkulasi darah, dan menambah gairah.

Tanaman hias yang wangi seperti sedap malam ini mudah tumbuh dan tahan lama. Anda dapat menanamnya di pekarangan rumah atau meletakkan dalam vas untuk di ruangan.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK