Do's dan Don'ts saat Diet untuk Menurunkan Berat Badan

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 19 Mar 2021 06:15 WIB
Terdapat beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat diet untuk menurunkan berat badan. Ilustrasi. Terdapat beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat diet untuk menurunkan berat badan. (Gadini/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keberhasilan diet menurunkan berat badan sangat bergantung dengan apa yang dilakukan selama diet. Terdapat beberapa hal yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan atau do's & don'ts saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Berikut do's saat melakukan diet.

1. Mengatur pola makan

Ahli gizi klinis, dr Diana F Suganda menjelaskan, diet adalah mengatur pola makan dengan baik. Untuk menurunkan berat badan, pola makan harus diatur agar asupan kalori berkurang.

"Diet berarti kita mau mengatur pola makan. Untuk obesitas, ada batasan kalori yang dikonsumsi, ada kalori yang harus dikurangi," kata Diana dalam e-Life Detik Health, beberapa waktu lalu.

2. Gizi seimbang

Meski asupan dikurangi, gizi yang masuk ke dalam tubuh harus tetap seimbang, yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

3. Kombinasi dengan olahraga

Kombinasikan dengan olahraga untuk mencapai penurunan berat badan yang optimal. Sesuaikan olahraga dengan kemampuan diri.

4. Konsultasikan dengan ahli

Konsultasikan cara diet yang tepat dengan ahli seperti dokter gizi maupun ahli gizi. Ahli akan menentukan diet yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan tubuh.

Pasalnya, kebutuhan setiap orang berbeda-beda tergantung dengan jenis kelamin, usia, tinggi badan, aktivitas fisik yang dijalani, dan kondisi kesehatan seseorang.

Beautiful muscular girl doing exercise at the flat.Ilustrasi. Diet yang benar harus selalu dikombinasikan dengan olahraga. (iStockphoto/MilanMarkovic)

5. Konsisten

Diana mengatakan bahwa tak ada diet yang instan. Setiap proses penurunan berat badan membutuhkan waktu. Oleh karena itu, dibutuhkan konsistensi untuk mencapai target berat badan yang diharapkan.

"Kita mau mengubah pola makan, maka butuh komitmen, butuh disiplin. Pola hidup juga harus diimbangi dengan olahraganya. Cari juga cara yang menyenangkan," tutur Diana.

Berikut don'ts saat melakukan diet.

1. Tidak makan

Diet bukan berarti tidak makan sama sekali. Tidak makan sama sekali justru dapat membuat tubuh tidak bertenaga. Daya tahan tubuh pun ikut melemah sehingga lebih rentan terserang penyakit.

"Diet itu pengaturan pola makan. Bukan berarti enggak makan, bukan berarti menyiksa diri," kata Diana.

2. Mengurangi gizi dengan ekstrem

Kesalahan yang banyak dilakukan saat diet adalah melakukan diet yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi seimbang. Diana menyebut, banyak orang mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi karbohidrat, protein, atau sayur sama sekali.

Pengurangan zat gizi ini berisiko membuat tubuh mengalami malnutrisi.

3. Meniru diet orang lain

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda sehingga diet yang dijalani juga akan berbeda. Diet yang dijalani seseorang belum tentu efektif pada orang lain.

"Jangan ikut-ikutan diet yang sedang kekinian, misalnya mengikuti diet si A atau diet si B. Karena efeknya akan berbeda pada setiap orang. Sebaiknya, konsultasi atau pahami terlebih dahulu," kata Diana.

4. Menggunakan obat pelangsing

Diana tidak merekomendasikan penggunaan obat pelangsing saat melakukan diet. Obat pelangsing yang dijual bebas mengandung banyak bahan berbahaya dan dapat menyebabkan kerusakan organ.

(ptj/asr)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER