5 Jenis Latihan yang Bantu Pertumbuhan Rambut Sehat

Tim, CNN Indonesia | Senin, 15/03/2021 07:16 WIB
Olahraga atau latihan tertentu dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. Berikut beberapa jenis olahraga untuk kesehatan rambut. Ilustrasi. Olahraga atau latihan tertentu dapat membantu pertumbuhan rambut yang sehat. (Istockphoto/ G-stockstudio)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tak hanya kesehatan tubuh secara fisik dan mental, kesehatan rambut juga bisa didukung oleh beberapa jenis olahraga. Berikut jenis latihan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat olahraga untuk rambut. Padahal, faktanya olahraga juga membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

Berkeringat, misalnya, dapat membantu menghasilkan minyak alami di kulit kepala dan memberikan nutrisi pada akar rambut. Kondisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.


Beberapa olahraga juga dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kepala. Dengan demikian, asupan nutrisi dan oksigen ke folikel rambut akan bertambah.

Berikut latihan untuk membantu pertumbuhan rambut yang sehat, mengutip Style Craze.

1. Latihan leher

Latihan leher adalah cara efektif untuk membuat rambut tumbuh dengan sehat. Meregangkan otot leher dapat membantu pertumbuhan rambut dengan melepaskan ketegangan dan stres pada otot di sekitarnya.

Cukup gerakkan kepala ke kanan-kiri dan depan-belakang demi meningkatkan sirkulasi darah, yang pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

2. Metode inversi

Metode inversi adalah teknik populer yang membuat rambut lebih berkilau dengan merangsang pertumbuhan rambut dengan peningkatan aliran darah. Semakin besar oksigen yang diterima oleh sel-sel di kulit kepala, semakin besar kemungkinan Anda memiliki rambut yang sehat.

Teknik ini terbagi dari dua bagian. Pertama, lakukan pijatan pada kepala yang membantu merangsang folikel. Pijat dengan gerakan melingkar selama 5 menit.

Lalu, tundukkan kepala Anda ke bawah. Tahan posisi tersebut selama 4 menit.

3. Joging

Olahraga kardio seperti joging memungkinkan Anda mengeluarkan racun yang tidak diperlukan tubuh. Keringat yang dikeluarkan saat joging dapat membuka pori-pori kulit kepala dan folikel rambut, sehingga memberikan ruang untuk pertumbuhan rambut.

Selain itu, olahraga ini juga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, yang kemudian membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

4. Latihan pernapasan

Latihan pernapasan meningkatkan asupan oksigen untuk meremajakan rambut yang rusak dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

5. Pijat kulit kepala

Latihan ini meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala. Pijat kulit kepala juga dapat membantu pertumbuhan rambut dengan membuka pori-pori di kulit kepala untuk memberikan nutrisi penting ke folikel rambut.

Selain itu, latihan ini juga efektif dalam mengurangi stres. Stres menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK