Manfaat dan Resep Membuat Olahan Kentang untuk Diet

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 17 Mar 2021 06:05 WIB
Kentang memiliki lebih banyak gizi ketimbang nasi, sehingga cocok dijadikan menu diet. Simak manfaat serta aneka resep olahan kentang untuk diet. Kentang memiliki lebih banyak gizi ketimbang nasi, sehingga cocok dijadikan menu diet. Simak manfaat serta aneka resep olahan kentang untuk diet. (Istockphoto/Getty Images/YelenaYemchuk)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengonsumsi kentang selama diet dipercaya bisa membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Selain itu, kentang sering dijadikan pengganti nasi karena sama-sama mengandung karbohidrat.

Meskipun kaya akan karbohidrat dan mengenyangkan, kentang memiliki lebih banyak nutrisi daripada nasi. Yakni serat, vitamin B6, C, mineral, zat besi, dan fitokimia yang membantu menangkal penyakit.

Namun demikian, mengolah kentang untuk diet juga tidak boleh sembarangan agar kandungan gizinya tak hilang dan tetap menyehatkan. Bahkan diharuskan untuk menghindari bahan tambahan yang tinggi lemak.


Manfaat Kentang untuk Diet

Ilustrasi memasakFoto: Pixabay/condesign
Ilustrasi manfaat kentang bagi kesehatan

Tidak hanya memiliki nutrisi, diet rendah karbo dengan mengonsumsi olahan kentang mempunyai ragam manfaat, berikut penjelasannya yang dikutip dari Healthline

1. Bebas Gluten

Kentang termasuk jenis makanan yang aman dikonsumsi untuk diet. Bahkan kandungan alami dari kentang itu sendiri diklaim sudah terbebas dari gluten.

2. Mengontrol Gula Darah

Pati resisten yang ada dalam kentang mampu meningkatkan kontrol gula darah, dikarenakan pati ini sifatnya akan sepenuhnya diserap oleh tubuh.

3. Mengenyangkan

Kaya akan nutrisi dan bergizi, konsumsi kentang untuk diet juga bisa mengenyangkan dan membantu menekan nafsu makan karena mengandung proteinase inhibitor 2.

4. Mengandung Antioksidan

Kentang juga memuat senyawa flavonoid, karotenoid, asam fenolik, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk menetralkan radikal bebas dalam tubuh.

5. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kalau sebelumnya pati resisten dapat mengontrol gula darah, kegunaan lainnya ternyata bisa menjaga kesehatan pencernaan.



Aneka Olahan Kentang untuk Diet

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER