Mengenal Diet Pegan, Diet yang Tren di 2021

tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/03/2021 12:45 WIB
Di tahun 2021, diet pegan menjadi salah satu diet yang populer. Tapi apa itu diet pegan? Di tahun 2021, diet pegan menjadi salah satu diet yang populer. Tapi apa itu diet pegan? ( iStockphoto/undefined undefined)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tidak ada kata terlambat untuk memulai hidup sehat sekaligus mendapatkan bentuk tubuh impian dengan diet. Walau sudah melewati kuarter pertama 2021, Anda masih bisa berkesempatan untuk melakukan perubahan.

Diet Pegan, menjadi diet yang paling tren di tahun 2021. Dikutip dari USA Today, kata 'pegan' mengalami peningkatan sejak tahun lalu dan terus meningkat dalam enam bulan terakhir. Diet ini kemudian jadi populer lantaran dianggap membuat seseorang untuk makan makanan utuh yang sehat, segar dan organik serta meningkatkan asupan nabati.

Sesuai namanya, diet pegan merupakan gabungan dari paleo dan vegan. Mengutip Healthline, menurut penciptanya, Dr. Mark Hyman, diet pegan meningkatkan kesehatan optimal dengan mengurangi peradangan dan menyeimbangkan gula darah. Namun, beberapa komponen diet ini tetap kontroversial.


Pola makan vegan adalah pola makan yang tidak mengonsumsi produk hewani seperti daging, telur, keju, yogurt dan gelatin dalam kesehariannya.

Sedangkan diet paleo adalah pola makan dengan cara meniru cara orang makan di era Paleolitikus 2,5 juta tahun yang lalu. Namun dalam diet ini, orang disarankan untuk makan daging dan produk olahannya.

Bukankah keduanya bertolak belakang?  Diet pegan menggabungkan prinsip paleo dan vegan tetapi mendorong konsumsi daging. Meskipun kaya akan banyak nutrisi dari dari sayuran, lemak baik, kacang-kacangan dan biji-bijian yang dapat meningkatkan kesehatan optimal, diet ini mungkin terlalu 'membatasi' bagi banyak orang.

Dokter menjelaskan bahwa makanan yang dikonsumsi saat diet pegan porsi sayur dan buah 75 persen sambil menghindari makanan berbahan dasar susu dan gluten.

Penekanan utama dalam diet ini diberikan pada sayuran dan buah, tetapi asupan daging dalam jumlah kecil hingga sedang, jenis ikan tertentu, kacang-kacangan, biji-bijian, dan beberapa polong-polongan masih diperbolehkan.

Gula, minyak, dan biji-bijian olahan tidak disarankan - tetapi masih dapat diperbolehkan dalam jumlah yang sangat kecil.

Yang harus dipahami, diet pegan tidak dirancang sebagai diet tipikal jangka pendek. Sebaliknya, ini dilakukan dalam jangka panjang dan berkelanjutan. 

Menu Makan Diet Pegan

Jadi apa yang harus disantap untuk menu diet pegan yang bisa Anda tiru?

Dikutip dari berbagai sumber, berikut contoh menu diet pegan.

Sarapan: makanan hari pertama bisa dimulai dengan muffin ubi jalar dan buah segar.

Makan siang: Anda bisa menikmati salad dengan sayuran dengan berbagai warna. Padukan dengan paprika, kentang dan zaitun.

Makan malam: Cobalah membuat asparagus ddengan saus keju mete yang dipasangkan dengan keju permesan bersama terung untuk cita rasa ala Italia

Kudapan: Untuk cemilan di kala senggng bisa memakan sayuran segar kecuali sayuran akar seperti wortel karena mengandung dosis karbohidrat yang lumayan. Selain itu, Anda bisa mencoba paprika manis yang dicelupkan ke dalam saus artichoke bayam paleo-vegan yang dapat menambah energi.

Manfaat Diet Pegan

Pendukung peganisme mengklaim bahwa diet pegan memilik banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah mengurangi perandangan dalam tubuh.

Ada beberapa makanan umum yang cenderung menyebabkan peradangan seperti produk susu dan gluten. Para peneliti percaya bahwa peradangan kronis memicu sebagian besar penyakit.

Selain itu, diet pegan mampu menghilangkan ketergantungan dengan makanan olahan yang mengandung tinggi natrium, lemak jenuh, zat aditif dan karsinogen. Manfaat lainnya adalah asupan buah dan sayuran lebih tinggi sehingga mengonsumsi banyak serat dan lebih banyak lemak tak jenuh yang semuanya memiliki kontribusi positif bagi kesehatan manusia.

(auz/chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK