Cara Menghias Telur Paskah yang Disukai Anak-anak

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 03/04/2021 14:56 WIB
Simak cara menghias telur Paskah mulai dari persiapan awal supaya proses mewarnainya dapat menghasilkan telur hias yang sempurna. Simak cara menghias telur Paskah mulai dari persiapan awal supaya proses mewarnainya dapat menghasilkan telur hias yang sempurna. (Foto: kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menghias telur Paskah menjadi kegiatan yang menyenangkan dan disukai anak-anak saat perayaan Paskah.

Ada beragam cara menghias telur Paskah agar terlihat menarik dan indah yang dapat dilakukan bersama keluarga. 

Mulai dari merendam telur ke dalam cairan pewarna, melukis dengan cat, menambahkan pita atau kertas origami, membubuhi stiker maupun gliter, hingga diwarnai dengan spidol.


Namun mulai menghias telur Paskah, ada beberapa hal yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu supaya proses mewarnainya dapat menghasilkan telur hias yang sempurna. Berikut tahapannya.

Pemilihan Telur

Ilustrasi Telur AyamFoto: jackmac34/Pixabay
Ilustrasi. Pilih telur ayam atau bebek dengan kulit terang agar warna lebih mudah muncul.

Menghias telur Paskah bisa menggunakan dua macam telur, yakni telur ayam atau bebek. Tidak masalah telur apa yang akan Anda gunakan, jenis telur tidak berpengaruh pada hasil pewarnaan.

Hanya saja, ada kriteria yang harus diperhatikan saat memilih telur seperti:

  • Memilih telur yang memiliki kulit terang dan tebal.
  • Memilih telur dengan ukuran seragam, semakin besar tentu semakin mudah dilukis.

Setelah mendapatkan telur dengan kriteria di atas, bersihkan semua permukaan telur dari kotoran yang menempel. Pada banyak cara menghias telur Paskah, telur terlebih dahulu dikosongkan sebelum dilukis.


Cara Mengosongkan Isi Telur

Sebelum kegiatan melukis telur Paskah Anda lakukan kosongkan telur terlebih dahulu agar tidak terbuang percuma.

Isi telur dapat sajikan sebagai menu makanan atau pembuatan kue pelengkap perayaan Paskah. Berikut cara mengosongkan isi telur.

  1. Ambil dua jarum berukuran sedang.
  2. Tusuk telur pada bagian atas dan bawah.
  3. Kemudian ambil wadah untuk menampung isi telur.
  4. Tiup salah satu bagian agar isi telur keluar lebih cepat.
  5. Pastikan telur telah benar-benar kosong.

Telur yang kosong akan terasa lebih ringan dibanding saat telur dalam keadaan terisi. Kemudian agar telur tidak mengeluarkan bau amis, Anda perlu membersihkan dan mengeringkan bagian dalamnya.

Cara Mengeringkan Isi Telur

Mengeringkan isi telur yang masih terdapat sisa putih telur tidak terlalu sulit. Anda cukup menuangkan air ke dalam telur melalui ujung lubang. Atau tenggelamkan telur ke dalam wadah yang berisi air agar air masuk lebih cepat ke dalam telur.

Setelah air masuk ke dalam telur, keringkan telur dan masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 170 derajat Celsius selama 10 menit. Telur siap dihias, langkah selanjutnya Anda hanya perlu menyiapkan peralatan melukis.


Peralatan Melukis dan Cara Mewarnai Telur

Ilustrasi paskahFoto: Picjumbo/Viktor Hanacek
Ilustrasi. Peralatan lukis yang dibutuhkan dan cara mewarnai telur

Salah satu cara menghias telur Paskah adalah menyiapkan peralatan melukis. Dalam melukis peralatan yang dibutuhkan sangatlah beragam, dalam ulasan ini peralatan yang digunakan adalah peralatan standar seperti:

  • Cat pewarna
  • Kuas
  • Palet untuk menampung cat
  • Spidol atau pensil
  • Tisu
  • Kertas koran
  • Pita, gliter, stiker (opsional)

Setelah semua siap, hal pertama adalah melarutkan pewarna ke dalam wadah. Gunakan botol plastik air gelas kemasan sebagai wadah pewarna.

Tuangkan ½ cangkir air, satu sendok teh cuka putih, dan pewarna makanan apa saja.

Gunakan beberapa wadah jika warna yang Anda gunakan banyak. Koran digunakan untuk mengalasi agar pewarna tidak mengotori lantai atau meja di rumah.

Sementara tisu bisa dipakai untuk memberikan efek unik pada telur.


Menghias Telur Paskah

Ilustrasi paskahFoto: Picjumbo/Viktor Hanacek
Ilustrasi. Cara menghias telur Paskah

Ide gambar hiasan telur Paskah dapat Anda temukan dalam media sosial. Anda bebas mengkreasikan warna atau gambar sesuai keinginan Anda.

Untuk memudahkan proses mewarnai telur, buatlah pola gambar terlebih dahulu di atas kulit telur. Jika ingin memberikan warna dasar, Anda bisa mencelupkan seluruh bagian telur pada satu wadah warna.

Setelah mengering, Anda bisa melanjutkan mewarnai dan memberi pola sesuai kreativitas masing-masing. Anda bisa juga menambahkan gliter sebagai pemanis hiasan. Setelah selesai menghias, jemur telur selama beberapa saat agar cat mengering sempurna.

Demikian cara menghias telur Paskah yang dapat Anda dan anak-anak coba. Jika isi telur tidak dikosongkan, awasi anak Anda agar tidak mengonsumsi telur yang telah diberikan pewarna makanan tersebut.

(imb/fef)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK