5 Tips Agar Anak Mau Ikut Berpuasa

CNN Indonesia | Kamis, 08/04/2021 19:00 WIB
Anak belum tak terbiasa berpuasa dan menahan rasa lapar di bulan Ramadan. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua untuk mengajak anak ikut berpuasa. Ilustrasi. Orang tua perlu mengenalkan konsep berpuasa pada anak. (iStockphoto/ferlistockphoto)

4. Membuat puasa menyenangkan

Ketika mengajak anak berpuasa, orang tua harus membiarkan anak melakukan apa yang biasa mereka lakukan seperti bermain dengan teman-temannya.

Anda tidak perlu melarangnya untuk bermain atau melakukan aktivitas ringan hanya karena takut anak menjadi lapar. Jika terlalu banyak larangan, anak bisa beranggapan bahwa aktivitas puasa tidak menyenangkan.

Dengan aktivitas ringan, anak justru bisa jadi melupakan rasa haus dan laparnya sehingga tidak meminta berbuka puasa lebih awal.


Ayoe juga menekankan orang tua untuk mengkonotasikan puasa sebagai hal yang menyenangkan agar anak mau ikut menjalani ibadah puasa.

"Jadi anak enggak merasa bahwa puasa itu beban, tapi jadi sesuatu yang menyenangkan," tutupnya.

5. Buat sahur menyenangkan

Ketika sudah mulai melakukan ibadah puasa, anak cenderung sulit bangun untuk sahur karena belum terbiasa. Pada momen ini, orang tua dianjurkan mengajak anak untuk sahur sejak sebelum tidur.

Sebelum tidur, ingatkan anak untuk bangun saat waktu sahur tiba. Hal itu ditujukan agar anak terstimulasi untuk bangun pada waktu sahur.

Selain itu, anak juga bisa dimintai pendapat santap sahur favoritnya supaya lebih bersemangat mengikuti sahur.

Memasak santap sahur bersama anak juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak. Ketika masakannya dimakan oleh anggota keluarga dan mendapat apresiasi, maka anak merasa percaya diri dengan kemampuannya.

"Biarkan anak juga memilih mau makan apa, jadi dia mengemukakan pendapatnya, dan ajak memasak biar tumbuh rasa percaya dirinya," tutur Ayoe.

(mel/asr)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK