10 Kebiasaan Sepele yang Merusak Kesehatan

tim, CNN Indonesia | Kamis, 08/04/2021 12:05 WIB
Tahukah Anda kebiasaan sepele yang mungkin Anda lakukan sehari-hari, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan? (Glafuski/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hampir semua orang tahu bahwa merokok dan sering makan junk food bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Tapi tahukah Anda kebiasaan sepele yang mungkin Anda lakukan sehari-hari, juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan?

Berikut beberapa kebiasaan yang merusak kesehatan, dikutip dari berbagai sumber:

1. Begadang

Kurang tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Selain membuat Anda susah fokus pada siang hari, begadang juga meningkatkan tekanan darah, meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, dan depresi.


Kurang tidur juga membuat Anda kesulitan belajar dan mengingat sesuatu. Sebaiknya atur waktu tidur malam Anda setidaknya 7-8 jam.

2. Menyetel musik keras-keras

Anda suka mendengarkan lagu melalui earphone atau headset dengan volume full? Sebaiknya, mulai saat ini turunkan volume musik yang Anda setel hingga di bawah 75.

Mengutip WebMD, hal itu dilakukan untuk menjaga pendengaran Anda. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan kehilangan pendengaran semakin meningkat, apalagi jika Anda sering menyetel musik dengan volume full hingga berjam-jam.

Gangguan pendengaran pada orang dewasa juga bisa mengakibatkan kesulitan berpikir hingga kehilangan jaringan otak.

3. Main gawai sebelum tidur

Kebiasaan ini mungkin tanpa disadari kita lakukan sebelum tidur. Padahal, berselancar di internet atau sekedar chatting dengan teman sebelum tidur bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Cahaya biru yang dipancarkan oleh gawai, komputer, atau TV dapat mengacaukan tidur Anda. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak jenis cahaya di malam hari dapat menyebabkan kanker, terutama kanker payudara dan prostat. Penelitian yang sama juga mengatakan bisa meningkatkan risiko diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Sebaiknya Anda mulai menghindari penggunaan gawai sejam sebelum akan pergi tidur. Anda bisa membaca buku sebelum terlelap agar tidur Anda berkualitas.

4. Duduk terlalu lama

Sebagian besar masalah pekerjaan di era modern, adalah terlalu banyak duduk.Anda mungkin duduk selama 6-7 jam sehari di kantor, menatap layar komputer hingga jam kerja Anda selesai. Duduk juga menjadi kebiasaan yang merusak kesehatan. 

Kondisi itu bisa menurunkan kerja metabolisme, sehingga kemungkinan Anda bertambah berat badan semakin tinggi. Duduk terlalu lama juga bisa mempengaruhi kerja jantung.

Agar tak terkena berbagai masalah kesehatan tersebut, Anda bisa mengambil waktu 10 menit untuk meregangkan badan atau berjalan kaki di sela-sela jam kerja Anda. Selain itu, jika gedung kantor Anda bertingkat, Anda bisa menggunakan tangga alih-alih eskalator agar tubuh bergerak.

Minum Alkohol dan Utang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK