6 Buah yang Diyakini Ampuh Bikin Awet Muda

tim, CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 08:30 WIB
Makan banyak buah dan sayuran berwarna merupakan kunci untuk menjaga kesehatan. Namun di balik itu, konsumsi buah tertentu juga membantu untuk awet muda. Pepaya diyakini menjadi salah satu buah untuk awet muda. (iStockphoto/Tanya_F)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makan banyak buah dan sayuran berwarna dalam menu harian Anda merupakan kunci untuk menjaga kesehatan yang baik.

Namun di balik itu, konsumsi buah tertentu juga membantu untuk awet muda. Berikut buah untuk awet muda.

Kulit sering kali menjadi bagian pertama dari tubuh kita yang menunjukkan masalah internal, dan banyak yang memilih mengatasinya dengan memberi lotion, krim, masker, hingga serum sebelum melihat lebih dekat apa yang memicunya.


Para peneliti menyimpulkan bahwa makan buah dan sayuran adalah cara teraman dan tersehat untuk memerangi kulit kusam dan garis halus.

Berikut 6 buah yang diyakini membantu awet muda.

Alpukat

Alpukat bukan enak dinikmati dalam bentuk jus atau olahan lain. Namun, alpukat juga buah untuk awet muda karena mengandung asam lemak yang membantu menjaga kulit terlihat lembab dan kenyal.

Seperti dikutip Woman Worlds, alpukat juga sarat dengan vitamin B yang memperkuat metabolisme kita, serta vitamin C, E, dan A.

Buah beri

Buah beri, menjadi salah satu sumber antioksidan terkonsentrasi paling tinggi, mendorong pembaruan sel dan kulit tampak lebih muda. Buah-buahan ini juga kaya akan beragam vitamin seperti vitamin A dan C, yang meningkatkan kesehatan mata, kulit, dan organ lainnya.

Antosianin, antioksidan dalam blueberry yang memberi warna cerah, membantu melindungi kulit dari kerusakan sekaligus mencegah hilangnya kolagen.

Delima

Ilustrasi buah PomeIlustrasi buah delima. (Pixabay/Fruchthandel_Magazin)

Delima juga sarat dengan antioksidan penangkal penuaan. Biji kecil berwarna merah ini mengandung senyawa khusus yang disebut punicalagins, yang dapat membantu menjaga kolagen di kulit untuk melawan garis-garis halus dan kerutan.

Kiwi

Kiwi tidak hanya segar dan enak, tetapi juga mengandung vitamin E dan C dalam jumlah tinggi, yang meningkatkan kulit halus dan sistem kekebalan tubuh yang sehat.
Kiwi juga terbukti membantu kehilangan penglihatan terkait usia.

Pepaya

Pepaya adalah buah untuk awet muda yang hebat berkat enzim yang disebut papain, yang dikenal sebagai salah satu antiperadangan terbaik di alam.

Nutrisi lain dalam pepaya seperti vitamin A, K, dan E, magnesium, potasium, dan vitamin B semuanya melawan kerusakan radikal bebas di tubuh, sekaligus meningkatkan elastisitas kulit yang sehat.

Semangka

Semangka adalah buah yang bagus untuk ditambahkan ke rutinitas Anda untuk membantu upaya tetap terhidrasi. Buah ini juga dikemas dengan vitamin dan mineral anti penuaan seperti vitamin C dan A yang melawan kerusakan radikal bebas.

Semangka mendapatkan warna merah cerah dari likopen, nutrisi tanaman yang membantu melawan penyakit, melindungi mata, dan bahkan meningkatkan kognisi.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK