Doa Setelah Salat Idulfitri Lengkap Beserta Artinya

tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 06:42 WIB
Salat Idulfitri adalah salat yang dilakukan di Hari Raya Idulfitri. Berikut doa salat Idulfitri lengkap beserta artinya. Salat Idulfitri adalah salat yang dilakukan di Hari Raya Idulfitri. Berikut doa salat Idulfitri lengkap beserta artinya. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salat Idulfitri merupakan salat yang dilakukan tepat di Hari Raya Idulfitri atau 1 Syawal. Setelah salat, umat Islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT. Berikut doa salat Idulfitri lengkap beserta artinya.

Salat Idulfitri sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap orang yang beragama Islam. Hukum salat Idulfitri adalah fardu kifayah yang berarti salat ini wajib dilakukan umat Islam.

Tetapi bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain, maka kewajiban ini gugur dan menjadi sunah muakad atau atau ibadah sunah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan.


Salat Idulfitri lebih utama dilakukan secara berjamaah. Namun, di masa pandemi Covid-19, salat Idulfitri boleh dilakukan sendiri-sendiri di rumah.

Tata cara salat Idulfitri adalah dilakukan dua rakaat dengan mengucapkan takbir sebanyak 7 kali di rakaat pertama dan 5 kali di rakaat kedua.

ilustrasi puasaSetelah salat Idulfitri, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa salat Idulfitri. (Foto: iStockphoto/sguler)

Rangkaian salat Idulfitri juga diikuti dengan khotbah keagamaan. Setelah itu, khatib biasanya akan menutup khotbah dengan memimpin doa salat Idulfitri.

Secara umum, doa apa saja boleh dipanjatkan kepada Allah SWT setelah salat Idulfitri. Biasanya doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa, memberikan keberkahan, keselamatan, dan perlindungan dunia akhirat.

Doa-doa yang bersifat pribadi juga boleh disampaikan kepada Allah setelah doa bersama yang dipimpin oleh Imam atau khatib.

Doa salat Idulfitri yang bisa diamalkan


اَللّهُمَّ أَعْطِنِي خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ، وَاْصرِفْ عَنِّي شَرَّهُ وَشَرَّ مَا فِيْهِ، اَللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي فِيْهِ كُلَّ خَيْرٍ وَاجْعَلْنِي بَارًّا فِيْهِ بِوَالِدَيَّ، وَاجْعَلْنِي يَا الله مِنْ عِبَادِكَ الْمغْفٌوْرِ لَهُمْ فِي هَذَا الْيَومِ الْمُبَارَكَ، اللهُمَّ ارْحَم ْمَوْتَنا وَمَوْتَى الْمُسْلِمِيْنَ، .اللهم تَقَبَّلْ ِمنَّا الطَّاعَاتِ وَاغْفِر ْلَنَا الْخَطَايَا وَالسَّيِّئَاتَ.

Allahumma'thini khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi. Washrif anni syarra ma fihi. Allahummaktubli fihi kulla khairin waj'alni barran fihi bi walidayya, waj'alni ya Allah min ibadikal maghfur lahum fi hadzal yaum al-mubarak. Allahumarham mautana wa mautal muslimin. Allahumma taqabbal minna tha'ati waghfir lanal khathaya was sayyi'at.

Artinya:
Ya Allah berikanlah aku kebaikan dari hari ini dan kebaikan dari setiap hal yang ada pada hari ini. Dan jauhkanlah aku dari kejelekan di hari ini dan kejelekan setiap sesuatu yang ada pada hari ini. Ya Allah, catatlah pada hari ini setiap kebaikan dan jadikanlah kebaikan bagi kedua orang tuaku dan jadikanlah aku sebagai hamba-Mu yang Engkau ampuni pada hari yang berkah ini. Ya Allah ampunilah dosa para keluarga kami yang sudah meninggal dan seluruh kaum muslimin yang sudah meninggal. Ya Allah terimalah ketaatan kami dan ampunilah segala kesahalan dan keburukan yang telah kami perbuat.

Doa sapu jagat yang sering dibaca Nabi Muhammad SAW

Prophet mohammad s a w beautiful vector name in circle illustration design.Doa setelah salat Idulfitri dapat diisi dengan membaca doa sapu jagat yang sering dibaca Nabi Muhammad SAW. (Foto: iStockphoto/mvcreation)

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa, aatinaa fid dunyaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa 'adzaaban naar

Artinya:
Ya Tuhan kami, berikan kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat. Lindungilah kami dari siksa api neraka.

Doa keselamatan dan menolak bala

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

Allaahummaftah lanaa abwaabal khair, wa abwaabal barakah, wa abwaaban ni'mah, wa abwaabar rizqi, wa abwaabal quwwah, wa abwaabas shihhah, wa abwaabas salaamah, wa wa abwaabal 'aafiyah, wa abwaabal jannah.

Allaahumma 'aafinaa min kulli balaa'id duniyaa wa 'adzaabil aakhirah, washrif 'annaa bi haqqil Qur'aanil 'azhiim wa nabiiyikal karīm syarrad duniyaa wa 'adzaabal aakhirah. Ghafarallaahu lanaa wa lahum bi rahmatika yaa arhamar raahimīn. Subhaana rabbika rabbil 'izzati 'an maa yashifuun, wa salaamun 'alal mursaliin, walhamdulillaahi rabbil 'aalamiin.

Artinya:
Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga.

Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur'an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai, zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. 

Itulah sejumlah doa salat Idulfitri yang bisa diamalkan. Doa setelah salat Idulfitri ini bisa dibaca bersama-sama atau sendiri-sendiri.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK