Batas Waktu Salat Idul Fitri pada 1 Syawal

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 10:30 WIB
Salat Idul Fitri adalah salat yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut batas waktu salat Idul Fitri. Salat Idul Fitri adalah salat yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut batas waktu salat Idul Fitri.(Foto: Prasetyo Utomo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Salat Idul Fitri adalah salat sunah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salat Ied dapat dilaksanakan pada waktu yang sudah ditentukan. Berikut batas waktu salat Idul Fitri.

Seperti namanya, salat Idul Fitri dilakukan pada hari raya Idul Fitri yakni 1 Syawal. Pada tahun ini atau 1442 H, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021.

Waktu salat Idul Fitri beragam pada setiap daerah di Indonesia. Rata-rata dimulai dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB.


Terdapat sejumlah mazhab mengenai waktu salat Hari Raya.

Berikut batas waktu salat Idul Fitri

Presiden Joko Widodo bersama dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melaksanakan salat Idulfitri 1441 H di halaman depan Wisma Bayurini, Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu pagi, 24 Mei 2020.Terdapat sejumlah pendapat mengenai batas waktu salat Idul Fitri. (Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menurut Muhyiddin Syarf An-Nawawi, pendapat pertama mengenai awal waktu salat Idul Fitri adalah dimulai dari terbitnya matahari. Lebih utama ketika matahari naik seukuran satu tombak.

Pendapat kedua, menyebut waktu salat Idul Fitri adalah ketika matahari naik.

Sebuah kapal berlabuh di perairan Kota Jayapura, Papua, saat matahari terbit, Jumat (1/1/2021). ANTARA FOTO/Indrayadi TH/pras.Naiknya matahari menjadi waktu yang utama melakukan salat Idul Fitri. Sedangkan batas waktu salat Idul Fitri adalah saat tergelincirnya matahari.(Foto: antarafoto/Indrayadi TH)

Dikutip dari situs Nadhlatul Ulama, pendapat yang dianggap paling sahih adalah yang menyebut waktu salat Id ketika terbitnya matahari.

Berdasarkan mazhab Syafi'i, batas waktu salat Idul Fitri adalah saat tergelincirnya Matahari.

وَاتَّفَقَ الْاَصْحَابُ عَلَي اَنَّ آخِرَ وَقْتِ صَلَاةِ الْعِيدِ زَوَالُ الشَّمْسِ

Artinya:

"Ulama dari kalangan madzhab Syafi'i sepakat bahwa waktu akhir pelaksanaan shalat id adalah ketika tergelincirnya matahari."

Pendapat ini juga sesuai dengan fatwa MUI mengenai batas waktu salat Idul Fitri yang berdasarkan pada pendapat Imam al-Mawardi dalam kitab al-Iqna' halaman 53-54.

"Waktu pelaksanaan shalat 'Id adalah waktu di antara terbit dan tergelincirnya matahari. Dalam waktu ikhtiyar, shalat Idul Adha dilaksanakan pada waktu seperenam siang sedang Idul Fitri dilaksanakan pada waktu seperempat siang. Saat Idul Adha (dilaksanakan lebih pagi) jamaah bisa bersegera menyembelih hewan kurban, dan shalat Idul Fitri diakhirkan agar jamaah bisa leluasa menunaikan zakat fitrah. Saat Idul Adha jamaah tidak makan kecuali setelah shalat. Apabila menuju mushala melewati suatu jalan, maka kembalinya memilih jalan yang lain," pendapat Imam al-Mawardi, dikutip dari Fatwa MUI mengenai Salat Idul Fitri.

Itulah batas waktu salat Idul Fitri pada 1 Syawal yang bertepatan dengan Kamis, 13 Mei 2021. Lakukan Salat Idul Fitri di Hari Raya pada waktu yang sudah ditentukan. Allah SWT menjanjikan banyak keistimewaan bagi umat Islam yang melakukan salat Idul Fitri.

(din/ptj)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK