7 Cara Diet Ketat yang Benar agar Tetap Sehat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 10:24 WIB
Diet ketat menurunkan berat badan sering kali berdampak buruk pada kesehatan. Berikut cara diet ketat yang benar agar tetap sehat. Diet ketat menurunkan berat badan sering kali berdampak buruk pada kesehatan. Berikut cara diet ketat yang benar agar tetap sehat.(Foto: Istockphoto/Morozov_photo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet ketat untuk menurunkan berat badan sering kali berdampak buruk pada kesehatan. Berikut cara diet ketat yang benar agar tetap sehat.

Diet ketat adalah diet yang dilakukan dengan cara-cara yang konsisten dan mengikuti sejumlah aturan tertentu, tergantung jenis diet yang dijalani.

Sering kali diet ketat merujuk pada cara yang ekstrem sehingga membuat seseorang kekurangan nutrisi tertentu. Misalnya, tidak mengonsumsi karbohidrat atau protein.


Untuk mencegah risiko yang muncul dari diet ketat, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut cara diet ketat yang benar agar tetap sehat.

1. Tetapkan target yang realistis

Penting untuk menetapkan target yang realistis. Pastikan untuk membuat target menurunkan berat badan yang sesuai dengan aktivitas. Jika mencoba menurunkan berat badan yang banyak dalam kurun waktu yang cepat, dapat berisiko menjadi bumerang bagi diri sendiri.

2. Motivasi yang kuat

Diet ketat menuntut fokus dan juga motivasi yang tinggi. Ingat lagi motivasi untuk melakukan diet ketat agar tidak goyah saat diet.

Membuat daftar alasan yang spesifik bisa membantu menjalankan diet ketat dengan benar. Simpan atau bahkan pajang daftar motivasi itu untuk dijadikan pengingat agar tetap semangat menjalani diet.

3. Jauhi makanan yang tidak sehat

Ilustrasi smoothie bowlCara diet ketat yang benar agar tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi. (Foto: Brooke Lark via StockSnap)


Saat menjalani diet, hindari mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food atau makanan cepat saji. Makanan-makanan ini dapat merusak rencana diet. Alih-alih menurunkan berat badan, makanan cepat saja dapat meningkatkan risiko obesitas. Sebaiknya konsumsi makanan sehat yang bernutrisi tinggi.

4. Penuhi nutrisi seimbang

Meski sedang menjalani diet ketat, pastikan nutrisi seimbang tetap terpenuhi untuk kebutuhan tubuh. Tubuh membutuhkan asupan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

5. Olahraga

ilustrasi olahragaCara diet ketat yang benar agar tetap sehat adalah dengan berolahraga teratur. (Foto: Istockphoto/ Drazen Zigic)


Penelitian menunjukkan ketika melakukan perubahan pola makan dan aktivitas fisik pada saat yang bersamaan, hasilnya akan memuaskan. Penurunan berat badan pun bisa dicapai dengan lebih cepat.

Dikutip dari Health Line, studi pada 200 orang yang mengikuti program diet ketat diiringi dengan berolahraga dapat lebih mudah mempertahankan proram diet mereka dan berhasil menurunkan berat badan dengan cepat.

6. Pantau perkembangan diet

Saat menjalani diet, rutinlah untuk memantau perkembangan diet seperti penurunan berat badan dan juga kondisi tubuh.

Memantau perkembangan diet dapat membantu diet ketat berjalan dengan sehat dan benar. Jika terdapat masalah, segera periksa ke dokter.

7. Konsumsi banyak serat dan protein

Saat menjalani diet ketat, konsumsilah banyak serat dan protein sambil tetap menyeimbangkan dengan nutrisi lain. Anda bisa memulai hari dengan mengonsumsi makanan berprotein tinggi atau camilan kaya serat dan protein.

Studi menunjukkan protein yang cukup, membantu menjaga kadar gula dara yang stabil sehingga tidak makan berlebihan.

Penelitian pada wanita dengan kelebihan berat badan yang mengonsumsi setidaknya 30 gram protein saat sarapan, menunjukkan mereka merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit kalori saat makan siang.

Itulah 7 cara diet ketat yang benar agar tetap sehat yang bisa Anda terapkan di rumah.

(ptj/ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK