Studi Temukan Cara Tepat Menggunakan Masker Ganda

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/04/2021 15:55 WIB
Masker ganda tak hanya soal menambahkan lapisan kain, tapi juga memastikan tak ada celah yang terbuka saat memakai masker. Lakukan dengan cara yang tepat. Ilustrasi. Masker ganda tak hanya soal menambahkan lapisan kain, tapi juga memastikan tak ada celah yang terbuka saat memakai mas (iStockphoto/Kemal Yildirim)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa masker rangkap yang digunakan dengan pas atau tepat dapat meningkatkan perlindungan dari ancaman virus corona penyebab Covid-19. Berikut cara tepat menggunakan masker ganda.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Jama Internal Medicine, masker ganda tak hanya tentang menambahkan lapisan kain pelindung, tapi juga menghilangkan celah terbuka atau area masker yang tidak pas.

"Kami telah menemukan bahwa memakai dua masker yang dipakai longgar tidak akan memberikan Anda perlindungan yang pas," uhar penulis utama studi, Emily Sickbert-Bennett, melansir CNN.


Biasanya masker rangkap melibatkan penggunaan masker kain dan masker medis sekali pakai.

Masker medis umumnya terbuat dari tiga lapis kain. Masker dibuat dengan kawat hidung yang bisa membuat masker lebih pas dengan wajah.

Anda dapat membuat masker medis lebih pas dengan mengikat simpul telinga di tepi masker. Selipkan bahan yang tidak diperlukan di tepinya.

Sementara untuk masker kain, Anda disarankan memilih masker yang terdiri dari dua atau tiga lapis kain. Lakukan uji cahaya untuk mengecek kerapatan kain. Jika Anda dapat melihat garis-garis serat kain saat masker diarahkan ke cahaya, maka kemungkinan masker tidak efektif.

Selain itu, pilih juga masker kain dengan kawat pada hidung. Tekuk kawat pada hidung agar masker pas dengan wajah.

Berikut cara mengecek apakah masker telah terpasang dengan benar atau belum.

1. Tempelkan tangan ke sekitar area pipi yang berdekatan dengan telinga atau yang tidak tertutupi masker.
2. Tarik dan embuskan napas. Pastikan tidak ada udara yang mengalir dari area tersebut.
3. Periksa juga hal yang sama pada area mata. Pastikan tidak ada aliran udara di area mata.
3. Jika masker sudah pas, Anda bisa merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker. Pada kondisi ini, umumnya masker akan terlihat kembang kempis.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK