Ahli Sebut Bermasker Tepat Lebih Efektif dari Double Masker

tim, CNN Indonesia | Rabu, 10/02/2021 14:39 WIB
Perihal pemakaian masker ganda ternyata masih mendulang banyak pro-kontra dari ahli-ahli kesehatan di AS. Perihal pemakaian masker ganda ternyata masih mendulang banyak pro-kontra dari ahli-ahli kesehatan di AS. (iStockphoto/LeoPatrizi)
Jakarta, CNN Indonesia --

Untuk melindungi diri dari varian virus corona baru, penggunaan double mask atau dua masker sekaligus disarankan banyak ahli.

Tak dimungkiri sebelum ada imbauan untuk memakai double mask, sudah ada orang yang memakai dua masker sekaligus dengan alasan merasa lebih aman.

Sejumlah politisi, termasuk Wakil Presiden Kamala Harris dan Senator Mitt Romney, terlihat menggunakan masker wajah dua kali lipat, dan ahli penyakit menular ternama Anthony Fauci merekomendasikan agar orang Amerika setiap hari melakukan hal yang sama.


Namun nyatanya masih ada banyak pedebatan terkait hal ini. Dokter, serta profesional kesehatan masyarakat, mengatakan perlindungan apa pun lebih baik daripada tidak sama sekali.

"Jenis masker yang tepat adalah yang dikenakan secara konsisten di atas hidung dan mulut setiap kali Anda berada di ruang publik," kata Matt Binnicker, presiden Pan American Society for Clinical Virology, dikutip dari Reuters.

"Pada titik ini, kita harus lebih fokus pada pencapaian tujuan itu daripada mengkhawatirkan masker ganda."

Josh Schiffer, profesor di Fred Hutchinson Cancer Research Center mengungkapkan bahwa yang penting masker dipakai dengan benar.

"Sangat penting untuk memakai masker secara efektif dan konsisten saat berada di lingkungan berisiko tertinggi," katanya.

Schiffer merekomendasikan mengenakan masker kain saat berjalan-jalan dengan anjing, misalnya, dan meningkatkan ke KN95, N95, atau masker ganda saat pergi ke kantor, toko bahan makanan, atau klinik.

Lawrence Gostin, direktur Institut O'Neill untuk Hukum Kesehatan Nasional dan Global di Universitas Georgetown juga tak terlalu setuju penggunaan masker ganda.

"Jika dipakai dengan benar, semua masker efektif," kata Gostin.

Dia menambahkan bahan dan ukuran topeng bisa membuat perbedaan yang lebih besar dari jumlah yang Anda kenakan.

"Masker ganda tidak jelas karena kami tidak tahu jenis bahan atau pemasangannya," kata Gostin, mencatat bahwa masker bedah dan KN95 bekerja lebih baik.

Para ahli sepakat bahwa masker wajah yang efektif harus memiliki banyak lapisan.

"Saat ini, CDC merekomendasikan memakai satu masker wajah dengan dua hingga tiga lapisan," kata Raed Dweik, ketua Institut Pernafasan Klinik Cleveland.

"Jika topeng Anda sudah memiliki banyak lapisan, tidak perlu membuat topeng ganda."

Tips masker ganda

Jika Anda masih merasa bahwa masker ganda jauh lebih baik dari masker tunggal, Charles Holmes direktur Pusat Inovasi dalam Kesehatan Global di Universitas Georgetown, merekomendasikan untuk memakai yang paling efektif di bagian dalam. Misalnya, Anda harus memakai masker bedah di atas masker KN95, atau masker kain di atas masker bedah.

Meski demikian, Holmes juga tak sepenuhnya sepakat soal pemakaian masker ganda. Dia percaya bahwa masker terbaik adalah masker yang dipakai secara konsisten dan benar.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK