4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Anak Harus Suntik Insulin

tim, CNN Indonesia | Senin, 03/05/2021 12:15 WIB
Ketika anak menderita diabetes dan harus suntik insulin, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. Ketika anak menderita diabetes dan harus suntik insulin, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan. (iStockphoto/Michail_Petrov-96)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pada orang dengan diabetes atau diabetesi, insulin jadi "teman" sehari-hari penderita diabetes agar tetap sehat dan bugar.

Insulin adalah hormon yang membantu mengatur kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh. Hormon ini juga sebagai "kunci" yang memungkinkan gula dari dalam darah beralih ke dalam sel.

Sejatinya, insulin diproduksi secara otomatis oleh pankreas. Namun bagi penderita diabetes tipe 1, insulin tidak diproduksi sehingga kadar gula dalam darah tidak teratur. Bagi penderita diabetes tipe 2, tubuh tidak menggunakan atau memproduksi insulin dengan jumlah cukup, sehingga gula darah meningkat.


Suntik insulin menjadi pengobatan utama bagi penderita diabetes tipe 1. Namun suntik insulin tidak bisa diberikan sembarangan, harus disesuaikan dengan asupan makanan dan kebutuhannya. Orang dewasa dengan diabetes mungkin bisa mengatur asupan makanan dan menyuntik insulin mandiri, namun berbeda halnya dengan penderita diabetes yang masih anak-anak.

Dokter Spesialis Anak Muhammad Faizi mengatakan, penyuntikan insulin pada anak perlu diperhatikan secara khusus agar insulin bekerja optimal. Biasanya orang tua akan diberikan pengajaran selama beberapa waktu di rumah sakit untuk mengetahui cara penyuntikan insulin pada anak.

Pengajaran tersebut termasuk cara-cara menghitung dosis insulin yang diperlukan sesuai kebutuhan, proses penyuntikan, dan jenis-jenis insulin yang biasa digunakan.

"Bayangkan orang tua yang tidak pernah memegang jarum suntik sebelumnya, tentu dia perlu belajar dulu bagaimana menyuntik, lokasinya, dosisnya," kata Faizi dalam webinar bersama Kemenkes, Senin (19/4).

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyuntik insulin ke anak

1. Dosis

Faizi mengatakan, dosis insulin yang diberikan harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Karena pankreas tak bisa menghitung asupan insulin yang diperlukan, maka orang dengan diabetes harus menghitung dosis insulinnya secara manual.

Setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi membutuhkan takaran insulin yang berbeda-beda. Itu sebabnya perlu konsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis insulin yang diperlukan tubuh setelah mengonsumsi sesuatu.

"Misalnya pagi makan lemper, berapa dosis insulin yang dibutuhkan untuk lemper? Itu akan berbeda dengan makan nasi soto misalnya, jadi orang tua harus tahu berapa dosis insulin yang dibutuhkan disesuaikan dengan makanan yang dikonsumsi, untuk itu konsultasikan dulu dengan dokter," tuturnya.

Hal yang Harus Diperhatikan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK