Manfaat Minum Air Putih untuk Kesehatan Mental

tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 06:00 WIB
Banyak studi membuktikan air putih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun dibalik manfaatnya bagi tubuh, air putih juga baik untuk menjaga kesehatan mental. Dibalik manfaatnya bagi tubuh, air putih juga baik untuk menjaga kesehatan mental. (Pixabay/tookapic)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak studi membuktikan air putih bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dibalik manfaatnya bagi tubuh, air putih juga baik untuk menjaga kesehatan mental.

Sebagaimana kita ketahui, konsumsi air putih sebanyak dua liter sehari baik agar tubuh tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Selain itu, seperti dilansir Healthline, konsumsi air putih juga bermanfaat meningkatkan performa fisik, membantu meningkatkan fungsi kognitif otak sehingga bisa berkonsentrasi, mengurangi sakit kepala, hingga membantu sembelit.

Konsumsi air putih sesuai kebutuhan juga baik untuk kerja ginjal agar terhindar dari penyakit saluran kemih seperti batu ginjal. Asupan cairan yang tinggi bisa meningkatkan volume urin dan mengencerkan konsentrasi mineral yang mengkristal dalam ginjal.


Selain beragam manfaatnya tersebut, konsumsi air putih juga ternyata baik untuk kesehatan mental. Psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan, konsumsi air putih yang tepat dapat meredakan stres dan perasaan tertekan.

Analisa mengatakan, air putih tidak hanya membawa mineral yang dibutuhkan untuk tubuh, melainkan juga oksigen yang bisa membantu jantung berdetak lebih lambat. Sehingga air putih jika diberikan kepada orang yang emosinya naik atau tidak stabil, dapat membantu menenangkan emosinya menjadi lebih stabil.

"Kalau kita stres, tertekan, kadang oksigen berkurang sehingga jantung berdetak cepat, dengan minum air putih, ada oksigen yang masuk ke dalam tubuh dibawa oleh darah menuju jantung sehingga jantung berdetak lebih lambat," kata Analisa dalam webinar bersama Aqua, Selasa (20/4).

Minum air putih juga bisa mengembalikan mood menjadi lebih baik. Itu disebabkan karena air putih membawa oksigen ke dalam darah yang akan dialirkan ke berbagai organ tubuh. Organ tubuh yang mendapat asupan oksigen cukup akan membuat kadar hormon yang bisa membuat perasaan bahagia, seperti endorfin dan serotonin.

"Secara klinis, minum juga membuat kita lebih happy karena air minum menyuplai oksigen ke seluruh organ tubuh, organ tubuh akan membentuk hormon yang positif sehingga dapat meningkatkan mood," ujarnya.

Mindful drinking

Selain itu, dikenal pula istilah mindful drinking atau berpikir ketika minum. Analisa menjelaskan, metode mindful drinking dapat diartikan sebagai minum air putih dengan tenang sehingga seseorang bisa lebih sadar bahwa ada nutrisi dan zat yang masuk ke dalam tubuh.

Dengan menyadari bahwa nutrisinya terpenuhi, seseorang bisa merasa lebih rileks.

"Pastikan ketika kita minum dalam kondisi tenang, dan kita bisa lebih sadar bahwa ada oksigen masuk ke tubuh, ini bagaimana caranya kita bisa 'berpikir' saat minum, yang bisa menenangkan kita," tuturnya.

(mel/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK