11 Manfaat Jeruk Nipis yang Jarang Diketahui

tim | CNN Indonesia
Kamis, 29 Apr 2021 19:00 WIB
Bukan cuma lemon yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. 'Lemon lokal' atau jeruk nipis ternyata juga punya khasiat baik untuk kesehatan. Bukan cuma lemon yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. 'Lemon lokal' atau jeruk nipis ternyata juga punya khasiat baik untuk kesehatan.(karandaev/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bukan cuma lemon yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. 'Lemon lokal' atau jeruk nipis ternyata juga punya khasiat baik untuk kesehatan.

Jeruk nipis memiliki pohon kecil yang bercabang banyak dan menghasilkan buah yang memiliki khasiat sangat banyak sebagai obat. Bau sari jeruk nipis ini tidak kalah dibanding bau sari jenis sitrun lainnya.

Jeruk nipis merupakan bagian dari keluarga jeruk yang paling tinggi kandungan vitamin C di dalamnya.


Tak hanya vitamin C, jeruk nipis mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, asam sitrat, dan kandungan lainnya yang memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Mengutip berbagai sumber, United States Department of Agriculture (USDA) dalam sebuah jeruk nipis berdiameter sekitar 5 sentimeter mengandung 22 miligram kalsium, 12 miligram fosfor, 68 miligram potasium dan tentu saja vitamin C sebanyak 19,5 miligram (20-25 persen kebutuhan vitamin C harian).

Dengan banyaknya kandungan sehat di dalamnya, tak heran jeruk nipis memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jeruk nipis bisa dijadikan amunisi untuk menguatkan imunitas. Vitamin C dan antioksidan pada jeruk nipis bakal mendukung tubuh melawan bakteri yang masuk. Saat dikonsumsi secara teratur, air jeruk nipis mampu mencegah dan memperpendek sakit selesma dan flu.

Berikut beberapa khasiat jeruk nipis yang jarang diketahui:

1. Obat batuk masuk angin

Anda dapat menerapkan jeruk nipis untuk mengobati batuk saat masuk angin dengan menggosok dada dan punggung dengan campuran air jeruk nipis, kapur sirih, dan sedikit minyak kayu putih.

2. Mengatasi abses kerongkongan

Mengutip buku J. Kloppenburgh-Versteegh, Petunjuk dan Saran Pengobatan Tradisional Tanaman Berkhasiat Indonesia, berkumurlah dengan air garam yang telah ditambahkan beberapa tetes sari jeruk nipis.

3. Mengobati sakit tenggorokan

Jika saat masuk angin tenggorokan terasa sakit, ambillah seiris jeruk nipis, lalu panaskan di atas api sampai hangat, oleskan sedikit kapur sirih dan teteskan airnya ke dalam tenggorokan.

Demam sendi sampai kanker

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER