Manfaat Ubi untuk Diet dan Cara Mengolahnya

tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/04/2021 09:40 WIB
Ubi merupakan makanan yang baik untuk diet. Berikut manfaat ubi untuk diet beserta cara mengolah ubi untuk diet. Ubi merupakan makanan yang baik untuk diet. Berikut manfaat ubi untuk diet beserta cara mengolah ubi untuk diet.(Foto: iStockphoto/MahirAtes)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ubi merupakan makanan yang baik untuk diet. Berikut manfaat ubi untuk diet beserta cara mengolah ubi untuk diet.

Ubi dapat dijadikan sebagai alternatif asupan karbohidrat atau pengganti nasi putih. Dibandingkan nasi putih, ubi memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga baik untuk diet. Berbagai jenis ubi baik untuk diet seperti ubi ungu maupun ubi jalar.

Ubi adalah makanan yang kaya nutrisi. Dalam 100 gram ubi terdapat 21,3 gram karbohidrat, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, 2,4 gram serat, dan 87 kalori.


Selain itu, ubi mengandung mikronutrien yang berlimpah. Konsumsi ubi dapat memberikan tubuh asupan beta karoten, vitamin C, potasium, dan fitonutrien untuk membantu tubuh bekerja optimal.

Terdapat sejumlah alasan yang membuat ubi baik dikonsumsi untuk diet. Berikut manfaat ubi untuk diet.

1. Ubi sumber karbohidrat yang baik

Ilustrasi ubi unguManfaat ubi untuk diet adalah memiliki karbohidrat yang baik sehingga membantu menurunkan berat badan. (Foto: Istockphoto/ Naito8)

Dikutip dari Womens Health, pakar nutrisi Elizabeth Huggins menjelaskan ubi termasuk makanan dengan kandungan karbohidrat yang berkualitas baik.

Karbohidrat pada ubi berasal dari gula alami. Jenis karbohidrat ini tidak merusak tubuh. Karbohidrat ini juga membuat tubuh merasa lebih cepat kenyang serta kenyang lebih lama sehingga mendukung program diet menurunkan berat badan.

Dikutip dari Medical News Today, sebuah studi menunjukkan molekul karbohidrat dalam ubi juga memiliki manfaat antioksidan dan antitumor.

2. Ubi rendah kalori

SayurManfaat ubi untuk diet adalah mengandung rendah kalori sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. (Foto: Wikimedia Commons/5aday)

Ubi merupakan makanan yang rendah kalori. Ubi berukuran sedang rata-rata menyimpan sekitar 87 kalori. Konsumsi makanan yang rendah kalori dapat membantu menurunkan berat badan saat diiringi dengan aktivitas fisik atau proses membakar energi yang lebih banyak.

Huggins mengatakan ubi bisa menjadi makanan untuk yang menjalani diet rendah kalori. Agar diet berjalan lancar, direkomendasikan untuk menyantap dua potong ubi rebus. Konsumsi ubi yang berlebihan dapat menggagalkan diet.

3. Ubi tinggi serat

Ubi jalar ungu (auntmasako/pixabay)Manfaat ubi untuk diet adalah kaya akan serat yang membantu proses pencernaan. Cara mengolah ubi untuk diet bisa dilakukan dengan memanggang atau merebus ubi.(Foto: auntmasako/pixabay)

Selain memiliki nutrisi penting, ubi sarat dengan serat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Pasalnya, serat dalam ubi dapat memberi tambahan energi, meningkatkan metabolisme, dan memperlancar pencernaan.

Manfaat lain dari serat yang tinggi pada ubi adalah mampu menciptakan efek kenyang lebih lama bagi yang mengonsumsinya.

Serat pangan ubi dapat mengurangi kadar hormon lapar dan memperlambat pencernaan serta membuat gula darah stabil. Manfaat ubi untuk diet didapat dari kandungan serat ini. 

Manfaat Ubi untuk Diet dan Cara Mengolahnya

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK