IDI: Jangan Lupa Rutin Bersihkan Alat Salat

tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 06:02 WIB
Ketika membawa alat salat sendiri ke masjid, Anda sebaiknya mencuci perlengkaoan salat itu secara rutin. Ketika membawa alat salat sendiri ke masjid, Anda sebaiknya mencuci perlengkaoan salat itu secara rutin. ( istockphoto/Kadir bolukcu)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama pandemi banyak orang merasa rindu untuk beribadah bersama di masjid atau mushola. Namun ketika menjalankan ibadah di rumah ibadah Anda sebaiknya membawa peralatan salat sendiri dari rumah dibanding meminjam alat saat di sana.

Meski membawa alat salat sendiri, pastikan juga Anda menjaga kebersihannya. Ketua Divisi Pedoman & Protokol Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV mengatakan sebaiknya alat shalat dicuci secara rutin agar kebersihannya terjaga.

"Tidak perlu setiap hari, tapi reguler dicuci jauh lebih baik, misalnya tiga sampai empat hari sekali," kata Eka, dikutip dari Antara.


Ia menambahkan, jika mungkin, pisahkan alat shalat untuk di rumah dan untuk di masjid, atau untuk dibawa saat bepergian.

Siapkan tas khusus yang berisi sajadah, sarung atau mukena untuk dibawa ke masjid. Jagalah jarak dengan orang lain untuk meminimalkan risiko droplet tertempel di alat-alat shalat.

Eka mengungkapkan, selama beribadah di masjid atau mushala publik, protokol kesehatan juga harus diterapkan. Jangan lupa untuk tetap memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Selain itu, pilihlah tempat salat yang sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan mengikuti arahan dari pemerintah mengenai ketentuan pelaksanaan tarawih, termasuk punya sirkulasi udara yang baik.

"Selama sirkulasi dalam masjid dirasakan baik, maka tidak masalah shalat di dalam masjid. Prinsip VDJ (Ventilasi, Durasi dan Jarak) harus diperhatikan," ujarnya.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK