TAJIL

Hijab Bukan Satu-satunya Ukuran Keberislaman Perempuan Muslim

tim, CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 04:01 WIB
Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat penampilan fisik, pakaianmu, juga tidak melihat kekayaanmu, melainkan yang dilihat Allah SWT adalah hati dan perbuatanmu. Ilustrasi. Apakah hijab adalah ukuran keberislaman bagi perempuan muslimah? (iStockphoto/selimaksan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selama bulan Ramadan 2021, CNNIndonesia.com menghadirkan tanya jawab seputar Islam (Tajil). Kali ini, tanya jawab seputar Islam membahas tentang keberislaman perempuan muslim.

Tanya

Apakah hijab adalah ukuran keberislaman bagi perempuan muslimah?


Jawab

Narasumber: Menteri Agama Indonesia 2014-2019, Lukman Hakim Saifuddin

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kita memahami bahwa hijab adalah penutup. Maksudnya adalah penutup aurat, sesuatu yang harus ditutupi dari bagian tubuh kita dari pandangan orang lain.

Dalam Islam, aurat adalah suatu kehormatan yang harus ditutupi oleh pakaian kita dan ini adalah ajaran yang penting dalam agama Islam.

Maka, menutup aurat tidak hanya bagi perempuan tapi juga bagi laki-laki. Baik saat sedang salat, sedang menghadap Allah SWT maupun di luar salat menjadi bagian yang penting.

Lalu, apakah hijab itu - khususnya bagi perempuan - merupakan ukuran keberislamannya?

Kita mengenal salah satu hadis yang disampaikan Rasulullah SAW yang mengatakan:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِـنْ يَنْظُرُ إِلَى قُــــلُوبِكُمْ وَأَعْمَــالِكُمْ

Artinya:

"Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat penampilan fisik, pakaianmu, juga tidak melihat kekayaanmu, melainkan yang dilihat Allah adalah hati dan perbuatanmu." [HR Muslim]

Hati maksudnya adalah niat kita yang mengejewantah dalam perbuatan dalam tindakan nyata itulah yang dilihat Allah SWT.

Maka, ukuran keberislaman orang adalah perbuatannya. Agama adalah laku perbuatan seperti hadis yang begitu mahsyur yang disampaikan Rasulullah SAW:

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاقِ

Artinya:

"Maka sesungguhnya aku diutus Allah SWT ke muka bumi ini semata-mata untuk menyempurnakan akhlak, tingkah laku, perbuatan kita semua umat manusia."

Jadi, hijab adalah sesuatu yang penting karena bagian dari syariat Islam untuk menutup aurat, tapi akhlak adalah manifestasi dari niat kita untuk berbuat baik kepada sesama yang diwujudkan secara nyata, itupun jauh lebih baik.

Maka, dari pertanyaan yang sering muncul apakah perempuan berhijab yang akhlaknya buruk itu lebih baik daripada perempuan yang akhlaknya baik tapi tidak berhijab?

Terhadap pertanyaan yang konfontatif seperti ini, maka jawaban saya adalah yang terbaik adalah perempuan yang berhijab dan berakhlak baik.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK