Cara Diet dengan Jahe yang Ampuh Turunkan Berat Badan

tim, CNN Indonesia | Senin, 10/05/2021 11:04 WIB
Selain membuat masakan lebih nikmat, jahe bermanfaat untuk diet. Berikut cara diet dengan jahe yang ampuh turunkan berat badan. Selain membuat masakan lebih nikmat, jahe bermanfaat untuk diet. Berikut cara diet dengan jahe yang ampuh turunkan berat badan.(Foto: iStockphoto/egal)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jahe termasuk dalam rempah-rempah yang digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada makanan. Selain membuat masakan lebih nikmat, jahe bisa dimanfaatkan menjadi herbal yang berkhasiat untuk diet. Berikut cara diet dengan jahe yang ampuh turunkan berat badan.

Senyawa gingerol dan shogaol yang terkandung dalam jahe memiliki efek anti obesitas, menekan nafsu makan, dan mengendalikan kadar gula darah.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe selama diet membantu meluruhkan lemak perut secara signifikan. Sehingga tak heran, cara diet dengan jahe dinilai efektif menurunkan berat badan.


Jahe juga mengandung antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, penyebab peradangan dan kerusakan organ.

Pola diet dengan jahe pun bermacam-macam. Jahe dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau diolah secara alami menjadi minuman sehat.

Berikut cara diet dengan jahe yang ampuh turunkan berat badan secara alami.

1. Minum jahe dan lemon

detox water with turmericCara diet dengan jahe yang ampuh turunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi air jahe dan lemon.(Foto: Istockphoto/DENIO RIGACCI)

Jahe dan lemon merupakan perpaduan bahan alami yang bernutrisi, terutama lemon sebagai sumber vitamin C yang baik.

Gabungan rebusan air jahe dengan perasan lemon akan memberi efek hidrasi dan membuat rasa kenyang lebih lama.

Untuk memaksimalkan diet Anda, air jahe dan perasan lemon dapat diminum sebanyak dua atau tiga kali sehari dalam gelas berukuran sedang.

2. Jahe dan cuka apel

Mulled apple cider or punch. Autumn drink or tea.Cara diet dengan jahe yang ampuh turunkan berat badan adalah dengan minum jahe dan cuka ape.(Foto: iStockphoto/MurzikNata)

Air rebusan jahe dengan ekstrak buah apel yang sudah menjadi cuka bisa membantu meluruhkan lemak terutama pada perut.

Kombinasi jahe dan cuka apel meningkatkan efek antiglikemik dan antioksidan. Sementara probiotik pada cuka apel sangat bermanfaat melancarkan pencernaan.

Kombinasi jahe dan cuka apel dapat ditambah dengan air biasa lalu diminum satu kali sehari sebelum makan. Apabila tidak kuat dengan rasa asam pada cuka apel, Anda bisa menambahkan sedikit madu.

3. Jahe dan teh hijau

tea cup with tea leavesCara diet dengan jahe yang ampuh turunkan berat badan adalah dengan meminum jahe dan teh hijau. (Foto: iStockphoto/KMNPhoto)


Teh hijau dikenal memiliki khasiat menurunkan berat badan karena mengandung antioksidan yang membantu penyerapan lemak. Sedangkan jahe mengandung senyawa gingerol yang bermanfaat menekan nafsu makan.

Perpaduan seduhan teh hijau hangat dengan jahe ini dapat mempercepat penurunan berat badan dan relatif aman untuk diminum.

Konsumsi jahe dan teh hijau satu atau maksimal dua kali dalam sehari.

Cara diet dengan jahe bersifat aman karena berasal dari bahan alami. Namun, konsumsinya tetap perlu dibatasi dan tak boleh berlebihan. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki masalah kesehatan atau mengalami gejala tertentu.

(avd/ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK