Air Putih dan 6 Cara Alami Lain untuk Redakan Asam Urat

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/04/2021 08:30 WIB
Serangan asam urat bisa memicu rasa nyeri dan pembengkakan pada persendian. Air putih dan beberapa cara alami disebut dapat membantu redakan asam urat. Ilustrasi. Air putih dan beberapa cara alami disebut dapat membantu redakan asam urat. (Hyrma/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saat serangan asam urat menyerang, muncul rasa nyeri yang tak tertahankan. Beberapa cara bisa membantu redakan asam urat, termasuk minum air putih.

Penyakit asam urat adalah sejenis penyakit sendi yang terjadi akibat kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi. Penumpukan asam urat ini membentuk kristal di persendian yang bisa memicu rasa nyeri dan pembengkakan.

Semua persendian di tubuh berisiko terkena asam urat. Namun, bagian jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki adalah yang paling sering terkena.


Mengutip laman National Health Service, serangan asam urat biasanya berlangsung selama 5-7 hari. Serangan akan membuat kulit terasa panas, bengkak, nyeri, dan kemerahan di area sendi yang terkena.

Serangan asam urat tak akan menyebabkan kerusakan permanen pada persendian jika segera ditangani. Air putih disebut dapat membantu meredakan asam urat.

Berikut beberapa cara alami untuk mengatasi asam urat, mengutip berbagai sumber.

1. Minum banyak air

Sebuah penelitian menemukan, meminum air sebanyak 8 gelas per hari membantu menurunkan risiko asam urat hingga 48 persen.

Penulis studi dari Boston University, Tuhina Neogi mengatakan bahwa dehidrasi telah diidentifikasi sebagai pemicu serangan asam urat. "Minum banyak air dapat membantu mengendalikan serangan asam urat bagi orang-orang yang tidak menjalani pengobatan medis," ujarnya, mengutip Medical Page Today.

Air disebut mampu menghancurkan kristal asam urat yang menimbulkan serangan nyeri.

Close-up Of A Woman's Hand Applying Ice Gel Pack On Her AnkleIlustrasi. Kompres es batu bisa membantu mengurangi peradangan terkait asam urat. (iStockphoto/AndreyPopov)

2. Kompres es batu

Anda juga bisa memberikan kompres es batu untuk mengatasi serangan asam urat. Lapisi es batu dengan kain, dan taruh pada area yang terkena. Tempelkan selama 10-15 menit.

Mengutip Everyday Health, cara ini disebut dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat.

3. Meditasi

Asam urat memang bisa hilang dengan sendirinya. Namun, Arthritis Foundation mencatat, meditasi, yoga, dan latihan mindfulness akan membantu Anda mengatasi rasa sakit akibat asam urat dengan lebih baik.

4. Mengurangi stres

Mengutip Medical News Today, stres yang meningkat dapat memperburuk gejala asam urat. Hilangkan stres dengan berolahraga, beristirahat, menulis catatan harian, dan masih banyak lagi.

5. Mengangkat persendian yang sakit

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan mengangkat sendi yang terkena. Cara ini mendorong darah dan cairan untuk menjauh dari sendi dan kembali ke jantung.

6. Konsumsi buah ceri

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Arthritis and Reumathology menemukan, peningkatan konsumsi ceri selama dua hari dapat menurunkan risiko serangan hingga 35 persen pada kelompok yang belum pernah mendapatkan diagnosis asam urat.

Ceri diketahui mengandung antosianin yang tinggi. Antosianin merupakan senyawa anti-inflamasi yang bisa mengurangi peradangan.

7. Minum air lemon

Studi tahun 2015 menemukan bahwa meminum air lemon setiap hari dapat mengurangi risiko asam urat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat, sehingga membantu menurunkan kadarnya.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK