5 Obat Penurun Asam Urat dari Dapur

tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 07:50 WIB
Terdapat sejumlah bumbu dapur yang dapat membantu sebagai obat untuk mengurangi nyeri serta mengontrol timbulnya gejala asam urat. Studi menemukan bahwa menambahkan perasan dua lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat. (Pixabaymiradeshazer)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kadar asam urat yang tinggi bisa memicu berbagai penyakit. Kelebihan asam urat pun bisa menimbulkan rasa nyeri yang sangat tak tertahankan.

Terdapat sejumlah bumbu dapur yang dapat membantu sebagai obat untuk mengurangi nyeri serta mengontrol timbulnya gejala asam urat.

Penyakit asam urat bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih sering menyerang pria berusia di atas 30 tahun.


Sementara pada perempuan, penyakit ini bisa muncul setelah memasuki masa menopause.

Konsumsi makanan tinggi purin seperti daging merah, jeroan, dan beberapa jenis hidangan laut berkontribusi terhadap timbulnya asam urat. Kondisi medis tertentu juga mempengaruhi penyakit tersebut.

Tak ada obat yang bisa menyembuhkan asam urat, hanya saja ada beberapa cara bisa mengontrol dan mencegah timbulnya gejala.

Berikut beberapa pilihan bumbu dapur yang dapat membantu mengurangi asam urat serta mengontrol timbulnya gejala.

1. Jahe

Jahe menjadi salah satu rempah yang mampu mengatasi peradangan. Kemampuan jahe untuk mengatasi asam urat telah terdokumentasikan dengan baik.

Dikutip dari Healthline, sebuah studi menemukan, jahe yang dioleskan pada bagian yang terkena dapat membantu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh asam urat.

Tumbuk dan parut jahe, campurkan dengan air hingga menjadi pasta. Rendam kain lap ke dalam campuran. Setelah dingin, tempelkan kain pada area yang terasa nyeri setidaknya selama 15-30 menit.

Atau, Anda juga bisa merebus 2 sendok teh (sdt) jahe bubuk dengan air selama 10 menit hingga mendidih. Konsumsi rebusan jahe tiga kali dalam sehari.

2. Cuka sari apel

Campuran cuka sari apel, perasan lemon, dan kunyit dapat digunakan untuk mengontrol serangan asam urat.

Penelitian menemukan, perasan lemon dan kunyit dapat menurunkan asam urat.

Campurkan air lemon hangat dengan 2 sdt kunyit dan 1 sdt cuka sari apel. Minum sampai dua hingga tiga kali sehari.

3. Air lemon

Dikutip dari Medical News Today, studi menemukan bahwa menambahkan perasan dua lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh.

4. Seledri

Untuk asam urat, ekstrak dan biji seledri menjadi pengobatan rumah yang populer.

Meski belum banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut, tapi seledri dipercaya dapat mengurangi peradangan.

5. Jelatang

Jelatang merupakan obat herbal untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan nyeri.

Untuk mencobanya, seduh jelatang dengan air mendidih. Seduh 1-2 sdt jelatang kering per cangkir. Konsumsi 3 gelas per hari.

Konsultasi dengan dokter sebelum mencoba beberapa bumbu dapur sebagai obat penurun asam urat di atas untuk mengetahui dosis yang tepat dan kemungkinan efek samping.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK