Batasan Asupan Makanan Manis Harian yang Dianjurkan

tim, CNN Indonesia | Minggu, 25/04/2021 19:48 WIB
Kolak pisang hingga es buah menjadi sajian yang menggugah selera saat berbuka puasa. Namun, berapa banyak asupan makanan manis atau gula yang dianjurkan? Makanan manis memang menjadi sajian yang menggugah selera saat berbuka puasa. Namun, berapa banyak asupan makanan manis atau gula yang dianjurkan? (iStockphoto/AmalliaEka)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menikmati makanan manis saat berbuka memang terasa nikmat setelah berpuasa selama kurang lebih 14 jam. Kolak pisang hingga es buah menjadi sajian yang menggugah selera.

Namun di sisi lain, ada anjuran untuk mengurangi dan menghindari makanan manis karena sejumlah dampak yang bisa timbul jika dikonsumsi secara berlebihan.

Di tengah dilema akan hal tersebut, lantas berapa banyak asupan makanan manis atau gula yang sesungguhnya ideal dikonsumsi setiap hari, termasuk saat berbuka puasa?


Sejumlah ahli menyarankan agar memenuhi asupan makanan manis atau gula harian sesuai yang dianjurkan. Berdasarkan pedoman Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), rekomendasi asupan gula harian untuk orang dewasa dan anak-anak yakni sekitar 10 persen dari total asupan energi.

Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kementerian Kesehatan, perempuan di usia produktif memerlukan 2150-2250 kalori. Sementara pria dewasa dengan rentang umur yang sama butuh lebih banyak lagi, yaitu 2625-2725 kalori per hari. Oleh karenanya, asupan gula dalam sehari berkisar 200-250 kalori.

"Satu sendok makan gula pasir atau 15 gram adalah 60 kalori, sehingga total sehari sekitar 3-4 sendok makan gula pasir," papar Profesor ahli gizi FKUI Saptawati Bardosono kepada CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Saptawati kemudian memberikan saran terkait anjuran berbuka puasa dengan makanan manis yang banyak digaungkan.

"Saat berbuka puasa perlu makanan manis secukupnya saja, semisal dari 3 buah kurma atau semangkok kolak atau lainnya," katanya.

Sebelumnya, saat dihubungi secara terpisah, ahli gizi, dr. Fiastuti Witjaksono mengingatkan bahwa konsumsi kurma yang baik cukup satu kali sebanyak 3 sampai 5 butir saja.

"Kurma itu tinggi gula tinggi fruktosa hampir 30-45 gram (per 100 gram yakni 3-5 butir kurma), ini bisa memenuhi kebutuhan seseorang agar glukosanya naik kembali saat berbuka," kata Fiastuti.

"Jadi cukup satu kali saat berbuka puasa, karena sekali makan itu sudah menghabiskan jatah gula satu hari sekitar 40 gram."

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK