Wiski Tertua di Dunia Bakal Dilelang hingga Rp580 juta

tim, CNN Indonesia | Minggu, 02/05/2021 20:22 WIB
Sebotol yang diyakini sebagai wiski tertua yang pernah ada di dunia akan dilelang pada pertengahan tahun ini dengan harga fantastis. Sebotol yang diyakini sebagai wiski tertua yang pernah ada di dunia akan dilelang pada pertengahan tahun ini dengan harga fantastis.(dok. Arsip Skinner Key)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebotol wiski yang diyakini tertua yang pernah ada di dunia akan dilelang pada pertengahan tahun ini dan diharapkan akan terjual dengan harga fantastis.

Menurut pihak lelang Skinner, wiski The Old Ingledew Whisky - yang berasal dari masa Revolusi - diperkirakan akan dijual antara US$20 ribu hingga US$40 ribu atau sekitar Rp290 juta hingga Rp580 juta.

Sebagaimana dilaporkan New York Post, bourbon langka yang kemungkinan diproduksi antara 1762-1802, berdasarkan penanggalan Karbon 14 yang dilakukan bersama dengan para ahli dari University of Georgia.


Minuman tersebut dilaporkan tidak dikemas dalam botol selama beberapa dekade hingga pada 1860 tersedia di toko umum Evans & Ragland di La Grange, Georgia.

Pemodal Wall Street John Pierpont Morgan - yang perusahaan perbankannya akhirnya menjadi J.P. Morgan and Co. - diyakini telah membeli botol tersebut pada salah satu perjalanannya ke Peach State.

"Ini adalah kisah yang menarik," kata Joseph Hyman, seorang spesialis minuman keras di Skinner, kepada Barrons.

"Wiski tidak dibotolkan di penyulingan yang hancur dalam perang, melainkan dibotolkan oleh toko umum, yang mana sama dengan cara wiski Scotish yang dibuat oleh Johnnie Walker."

Putra John, Jack Morgan kemudian menghadiahkan botol itu kepada hakim dan politisi James Byrnes serta dua botol lain kepada saudara perempuan kepada Franklin D. Roosevelt  dan Harry S. Truman, untuk Natal, sekitar 1942-1944, menurut Hyman.

Byrnes, yang bertugas di Kongres, di Mahkamah Agung AS dan sebagai Gubernur Carolina Selatan, dilaporkan menghadiahkan minuman tersebut kepada temannya yang juga rekan minum, Francis Drake pada 1950-an.

Drake dan keturunannya lantas menyimpan minuman itu selama tiga generasi. Dan kini, wiski tersebut akan ditawarkan dalam lelang online pada 22-30 Juni mendatang.

(agn/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK