5 Trik Aneh yang Bisa Membantu Turunkan Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 06:49 WIB
Beberapa trik bisa dilakukan untuk membantu penurunan berat badana. Meski aneh, tapi beberapa trik dapat mengubah pola makan. Ilustrasi. Beberapa trik bisa dilakukan untuk membantu penurunan berat badan, selain dengan makan dan olahraga. (iStockphoto/ThinkDeep)
Jakarta, CNN Indonesia --

Banyak cara untuk menurunkan berat badan. Beberapa cara di antaranya bahkan terkesan aneh dan tidak masuk akal.

Fokus pada asupan makan bukan satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan. Selain olahraga, ada beberapa trik lainnya yang bisa Anda coba.

Berbagai trik ini bisa jadi sepele. Namun, tanpa disadari, trik ini memberikan bantuan yang seseorang butuhkan saat ingin menurunkan berat badan.


Tak main-main, beberapa trik berikut juga terbukti secara ilmiah. Berikut melansir Eat This, Not That.

1. Asyik menonton TV

Ilmuwan menemukan, proses metabolisme akan berhenti saat otot tidak bergerak sama sekali, bahkan untuk waktu yang singkat. Kondisi ini bisa Anda temui saat asyik menonton televisi.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS One mengamati pesan miosin, protein moterik dalam sel hewan yang penting untuk fungsi otot dan metabolisme. Peneliti menemukan, miosin pada hewan mati begitu saja saat otot tidak aktif dalam waktu singkat.

Manusia juga memiliki miosin. Peneliti berkesimpulan bahwa hal yang sama juga bisa berlaku pada manusia.

2. Makan sambil bercermin

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of the Association for Consumer Research menemukan, makan di depan cermin dapat membantu mengubah kebiasaan makan jadi lebih baik.

"Setelah konsumsi makanan tidak sehat di depan cermin, individu akan merasa tidak nyaman karena telah melakukan hal yang bertentangan dengan standar makan sehat," tulis para peneliti.

Para peneliti beranggapan bahwa orang menghubungkan rasa tidak nyaman dengan rasa makanan yang jadi terasa tak enak.

3. Belanja saat perut kenyang

Membeli bahan makanan dengan perut kosong bukan-lah ide yang tepat. Penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut menghambat kemampuan Anda untuk membuat pilihan cerdas mengenai apa yang ingin dimakan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine menemukan bahwa puasa jangka pendek pun dapat membuat seseorang lebih banyak memilih makanan tidak sehat.

4. Pilih pakaian olahraga

Pakaian yang lebih kasual terbukti memiliki manfaat penurunan berat badan. Sebuah studi dari The American Council on Exercise menunjukkan bahwa mengenakan pakaian yang tidak terlalu rapi dapat meningkatkan tingkat aktivitas fisik dalam rutinitas harian.

5. Tidak menggunakan piring putih

Studi yang diterbitkan dalam The Journal of Consumer Research menemukan warna permukaan piring berpengaruh terhadap pola makan. Para peneliti menemukan, kontras warna yang tinggi antara makanan dan piring membuat seseorang makan lebih sedikit, tapi tidak dengan piring putih.

Orang yang menggunakan piring putih makan 22 persen lebih banyak daripada mereka yang makan di atas piring berwarna merah.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK