Resep Kue Lebaran: Arai Pinang, Si Gurih Renyah dari Minang

tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/05/2021 05:45 WIB
Kue nastar hingga putri salju mungkin sudah umum Anda temui saat Lebaran. Jika ingin yang berbeda, Anda bisa mencoba kue khas Minang, kue arai pinang. Kue arai pinang khas Minang. (Dok. Istimewa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Merayakan Hari Raya Idulfitri rasanya tidak lengkap tanpa hadirnya berbagai macam kue kering di atas meja. Kue nastar, lidah kucing, dan putri salju mungkin sudah umum ada di meja makan Anda. Jika ingin yang berbeda, Anda bisa mencoba kue khas Minang satu ini, kue arai pinang.

Kue arai pinang juga dikenal dengan nama ladu arai, merupakan camilan khas Kota Padang, Sumatera Barat. Kue tradisional ini biasanya hadir ketika acara besar, seperti acara pernikahan, khitan, dan Idulfitri. Rasanya gurih, teksturnya renyah, dan bentuknya bulat tipis dengan garis-garis lurus, menjadi ciri khas kue arai pinang.

Menurut warga Minang, kue ini dinamakan arai pinang karena saat zaman dulu, sajian ini dicetak menggunakan bunga pinang. Namun kini sudah banyak cetakan kue arai pinang tersedia di pasar. Anda juga bisa membuat ladu arai pinang hanya menggunakan garpu, tanpa cetakan.


Sebenarnya, ada banyak cara membuat kue arai pinang. Setiap keluarga juga biasanya punya resep turun temurun untuk membuat arai pinang. Namun yang pasti, kue ini dibuat dengan menggunakan tepung beras dan garam.

Berikut resep kue arai pinang.

Bahan-bahan:

- 500 gram tepung beras
- 1 sdt bawang putih halus
- 1 sdt kapur sirih
- 1 sdt garam
- 2 lembar daun pandan (opsional)=
- 2 butir telur (opsional)
- Air secukupnya
- Minyak goreng secukupnya
- Cetakan arai pinang atau garpu

Cara membuat kue arai pinang

1. Sangrai terlebih dulu tepung beras dengan api kecil hingga tidak menggumpal, kurang lebih 5 menit, kemudian saring

2. Rebus air, beri garam, kapur sirih, daun putih, dan pandan

3. Setelah mendidih, campurkan air sedikit demi sedikit ke tepung terigu hingga adonan kalis. Jika menggunakan telur, campurkan telur pada adonan yang setengah kalis lalu aduk dengan tangan hingga tercampur rata.

4. Bentuk bulat dan tipis, Anda bisa menggunakan cetakan arai, atau bentuk dengan tangan dan pipihkan menggunakan garpu.

5. Setelah dibentuk, goreng dengan minyak panas hingga warnanya berubah menjadi cream, jangan terlalu putih atau terlalu kuning.

6. Tiriskan, dan arai pinang siap dinikmati.

Resep ini merupakan kiriman dari pembaca CNNIndonesia.com.

(mel/agn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK