Tempat Wisata di Raja Ampat Tetap Buka Selama Libur Lebaran

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 13:50 WIB
Tempat wisata di Raja Ampat tetap dibuka selama libur Lebaran tahun ini, dengan syarat masuk dan protokol kesehatan yang ketat. Pemandangan Pulau Misool di Raja Ampat, Papua Barat. (iStockphoto/Velvetfish)
Jakarta, CNN Indonesia --

Destinasi wisata kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, tetap dibuka selama masa liburan Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo di Waisai, Senin (3/5), mengatakan bahwa destinasi wisata di daerah tersebut tetap dibuka dengan penyesuaian peraturan sesuai arahan pemerintah pusat, yang notabene melarang kegiatan mudik Lebaran pada tahun ini.

Dijelaskan olehnya, tempat wisata di Raja Ampat tetap dibuka untuk warga lokal dan wisatawan domestik yang telah datang sebelum masa larangan mudik diberlakukan pada 6-17 Mei 2021.


Oleh karena itu, wisatawan dari luar Papua yang telah berada di Raja Ampat sebelum masa larangan mudik tetap dapat menikmati keindahan alam destinasi wisata Raja Ampat.

"Jadi wisata dari luar Papua Barat, misalnya Jakarta serta wisatawan asing yang sudah berada di Kabupaten Raja Ampat, selama masa libur lebaran bebas beraktivitas di destinasi wisata asalkan mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah setempat," ujarnya seperti yang dikutip dari ANTARA pada Selasa (4/5).

Ia menambahkan bahwa meskipun destinasi wisata dibuka namun kapal-kapal wisata dari luar Papua yang akan masuk ke Raja Ampat pada masa larangan mudik lebaran tidak diizinkan.

Di tengah pandemi virus Corona, perjalanan wisata masih dikategorikan sebagai perjalanan bukan darurat, sehingga sebaiknya tidak dilakukan demi mencegah penyebaran dan penularan Covid-19, terutama di daerah yang masih minim fasilitas kesehatannya.

Jika hendak melakukan perjalanan antarkota atau antarnegara, jangan lupa menaati protokol kesehatan pencegahan virus Corona, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak fisik antarpengunjung. Jangan datang saat sakit dan pulang dalam keadaan sakit.

[Gambas:Instagram]



(ANTARA/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK