Cemas dan Lemas Melintasi Jembatan Gantung Tertinggi di Dunia

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 15:50 WIB
Pemandangan alam yang indah sekaligus melawan rasa cemas pastinya menjadi keseruan tersendiri saat melangkah di jembatan gantung terpanjang di dunia ini. Jembatan gantung terpanjang di dunia kini telah dibuka di Portugal. (REUTERS/STRINGER)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi wisatawan pemburu ketegangan, usai pandemi virus Corona berlalu sepertinya Portugal bisa masuk dalam daftar perjalanan wisata di masa depan, karena negara ini baru saja membuka jembatan gantung terpanjang di dunia.

Menatap pemandangan alam yang indah sekaligus melawan rasa cemas plus dengkul yang terasa lemas pastinya menjadi keseruan tersendiri saat melangkahkan kaki di jembatan ini.

Jembatan ini bergantung pada kabel baja berat di antara menara beton berbentuk V dan membentang 516 meter melintasi ngarai, pada ketinggian 175 meter.


Dua hari sebelum upacara pembukaan jembatan pada Minggu (2/5), warga dari kota terdekat Arouca diizinkan menjajal jembatan gantung tertinggi di dunia itu.

Salah satu warga yang melakukan kunjungan perdana, Rui Brandao, mengaku memilih untuk tidak melihat ke bawah saat kakinya melangkah. Namun ia tetap merekomendasikan kegiatan wisata ini.

"Saya sangat menyarankan Anda untuk datang walau mungkin seperti saya Anda akan menderita vertigo," katanya.

"Saya harus mengatakan saya belum pernah merasakan pengalaman wisata seperti ini sebelumnya," klaimnya.

"Peresmian itu penting karena akan memungkinkan kami untuk melanjutkan aktivitas wisata kami," kata Wali Kota Arouca Margarida Belem kepada AFPTV.

Jembatan itu merupakan "daya tarik fundamental" bagi kawasan itu, kata wali kota.

Jembatan yang dinamakan '516 Arouca' ini melintasi ngarai Sungai Paiva yang curam, yang digantung dengan jalan setapak kayu sekitar delapan kilometer.

"Saya tinggal di sini dan ketika saya pertama kali mendengar tentang proyek jembatan, saya tidak terlalu mempercayainya," kata Macio Soares.

"Tapi hari ini saya sangat bangga berada di sini ... ini adalah pengalaman yang unik," tambahnya.

516 Arouca memecahkan rekor jembatan gantung pejalan kaki terpanjang di dunia, yang sebelumnya dipegang sejak 2017 oleh jembatan Charles Kuonen di Randa, di Pegunungan Alpen Swiss.

(AFP/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK