5 Tips Agar Tanaman Hias Tak Layu saat Ditinggal Berlibur

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 13:00 WIB
Pergi berlibur selama berhari-hari berarti juga meninggalkan pekerjaan rumah, seperti merawat tanaman hias kesayangan. Ilustrasi. Pergi berlibur selama berhari-hari berarti juga meninggalkan pekerjaan rumah, seperti merawat tanaman hias kesayangan. (istockphoto/ArtistGNDphotography)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pergi ke luar kota berhari-hari saat libur Lebaran berarti juga meninggalkan beberapa pekerjaan di rumah. Sebut saja salah satunya merawat deretan tanaman hias kesayangan. Berikut tips agar tanaman tidak layu meski ditinggal berhari-hari.

Sejak pandemi Covid-19, aktivitas berkebun makin banyak diminati. Banyak orang mulai mencoba berkebun untuk mengisi waktu luang. Beberapa di antaranya juga mulai gemar merawat tanaman hias di rumah untuk mempercantik ruangan. Jika Anda salah seorang yang juga mulai merawat tanaman sejak pandemi, maka sebaiknya tak asal meninggalkan tanaman Anda.

Agar tetap tumbuh subur dan sehat, tanaman memerlukan air. Beberapa jenis tanaman hias mungkin memerlukan penyiraman setiap hari. Tanaman favorit Anda mungkin 'sensitif' dengan suhu tertentu sehingga Anda harus memodifikasi ruangan agar tanaman tetap tumbuh subur.


Anda tak bisa sembarangan meninggalkan tanaman di rumah saat libur panjang. Alih-alih tumbuh subur, tanaman hias mungkin sudah layu saat Anda tiba di rumah. Agar terhindar dari kondisi itu, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

1. Mengenal tanaman

Mengutip Good Housekeeping, tanaman hias yang disiram dengan baik akan bertahan selama beberapa hari tanpa air. Beberapa jenis tanaman hias juga bisa bertahan tanpa air dalam waktu seminggu, bergantung pada jenis tanamannya.

Anda sebaiknya mengetahui jenis tanaman yang Anda miliki, berapa lama dia mampu bertahan tanpa air dan pencahayaan yang cukup. Hal ini akan membantu Anda mempersiapkan perjalanan dan mengetahui kapan tanaman membutuhkan air sehingga Anda bisa menjadwalkan penyiraman.

2. Beri nutrisi sebelum pergi

Jika Anda hanya pergi selama beberapa hari, maka beri tanaman air tepat sebelum Anda berangkat. Anda juga bisa memberi pupuk atau vitamin pada tanahnya sehingga tetap ternutrisi selama Anda berlibur.

Pastikan juga menempatkan tanaman hias pada tempat yang tepat. Beberapa tanaman hias tak bisa langsung terkena sinar matahari, sementara yang lainnya harus mendapatkan sinar matahari cukup.

5 Tips Agar Tanaman Tak Layu saat Ditinggal Berlibur

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK