Wine yang Pernah Dibawa ke Luar Angkasa Bakal Dijual Rp14,5 M

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 20:30 WIB
Sebotol wine Petrus 2000 yang pernah berada di luar angkasa selama 14 bulan bakal dijual Rp14,5 miliar. Wine ini diprediksi bakal jadi yang termahal di dunia. Sebotol wine Petrus 2000 yang pernah berada di luar angkasa selama 14 bulan bakal dijual Rp14,5 miliar. Wine ini diprediksi bakal jadi yang termahal di dunia. (AFP/PHILIPPE LOPEZ)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebotol wine Petrus 2000 yang pernah melanglangbuana ke luar angkasa bakal dijual secara pribadi oleh lembaga lelang Christie. Penjualan ini diharapkan akan menjadi wine termahal di dunia yang pernah dijual.

Wine yang berada selama 14 bulan di dalam Stasiun Luar Angkasa Internasional itu rencananya bakal dijual seharga US$1 juta atau setara dengan Rp14,5 miliar.

Botol tersebut merupakan salah satu dari 12 botol yang dikirim oleh startup asal Eropa, Space Cargo Unlimited ke orbit sebagai bagian dari penelitian tentang bagaimana makanan dan minuman mengalami proses pematangan di luar angkasa.


"Wine tersebut menghabiskan waktu hampir 440 hari di luar angkasa atau setara dengan 300 perjalanan ke bulan," ujar perwakilan Space Cargo Unlimited, Nicolas Gaume, melansir AFP.

Botol wine Petrus 2000 itu berangkat ke ISS pada 2 November 2019 lalu dengan pesawat luar angkasa kapsul Cygnus. Botol itu kembali ke Bumi pada 14 Januari 2021 dengan kapsul Dragon yang diproduksi SpaceX.

Pengujian yang dilakukan pada Maret lalu oleh lembaga penelitian anggur di Bordeaux, Prancis, menemukan bahwa botol-botol tersebut mendapatkan persiapan, perjalanan, dan penyimpanan yang baik di ISS.

Di akhir penelitian, peneliti mencoba mencicipi rasa dari wine tersebut. Hasilnya, terdapat perbedaan signifikan dalam komponen warna, aroma, dan rasa antara Petrus 2000 yang telah melanglangbuana ke luar angkasa dengan minuman serupa yang ada di Bumi.

"Sampel anggur dipuji karena kerumitannya dan dianggap sebagai anggur paling enak," tambah lembaga lelang Christie.

Penjualan tersebut diharapkan dapat memecahkan rekor harga sebotol anggur standar 750 ml.

Sebelumnya, sebotol Romanee-Conti Burgundy menjadi wine termahal yang dijual di Sotheby seharga US$558 ribu atau setara dengan Rp8,1 miliar pada tahun 2018 lalu.

Hasil yang didapat dari penjualan ini akan digunakan untuk mendanai misi luar angkasa di masa depan yang berfokus pada penelitian pertanian.

Petrus sendiri merupakan wine yang berasal dari kawasan Pomerol, Prancis. Petrus dianggap sebagai salah satu wine terbaik di dunia. Sebotol klasik Petrus 2000 saat ini dijual dengan harga sekitar US$5.400 atau setara dengan Rp74,5 juta.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK