4 Alasan Makan Roti Gandum Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

CNN Indonesia | Selasa, 11/05/2021 06:48 WIB
Tak semua roti buruk untuk kesehatan. Roti yang terbuat dari biji-bijian, seperti gandum, bisa jadi pilihan Anda. Ilustrasi. Roti yang terbuat dari biji-bijian, seperti gandum, bisa jadi pilihan Anda. (Pixabay/edar)
Jakarta, CNN Indonesia --

Diet rendah karbohidrat jadi makin marak akhir-akhir ini. Makan makanan mengandung karbohidrat seperti roti saja, bisa dianggap dosa besar. Padahal, karbohidrat adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh.

Apakah makan sepotong roti dengan scramble egg favorit memang seburuk itu bagi kesehatan? Lalu apakah makan roti-yang mengandung karbohidrat-bisa membuat berat badan bertambah?

Jawabannya adalah tidak, bergantung pada jenis roti apa yang Anda konsumsi. Justru beberapa ahli diet mengatakan, makan roti dapat membantu Anda menurunkan berat badan.


"Jika Anda mengurangi karbohidrat untuk menurunkan berat badan, justru itu menjadi bumerang karena tubuh dan otak membutuhkan karbohidrat, lebih baik secara sadar mengonsumsi karbohidrat agar otak merekam bahwa Anda sudah makan, sehingga kecil kemungkinan Anda makan camilan tambahan," kata pakar nutrisi, Frances Largeman-Roth, dilansir Eat This Not That.

Roti sering dipandang negatif ketika seseorang melakukan diet. Tapi perlu diingat, tidak semua roti kaya akan karbohidrat sehingga harus dihindari. Anda hanya tinggal mengganti roti tawar putih dengan roti yang terbuat dari 100 persen biji-bijian seperti gandum.

Berikut alasan bahwa roti gandum bisa membantu diet Anda.

1. Kaya akan serat

Roti gandum memiliki serat di setiap lembar rotinya. Serat dapat membantu Anda kenyang lebih lama yang akan membantu program diet Anda.

American Heart Association mengatakan, konsumsi serat sehari sedikitnya 25-30 gram untuk mencapai kesehatan optimal. Selain dari buah dan sayur, Anda bisa mendapatkan asupan serat dan roti dengan gandum utuh.

2. Roti membuat kenyang lebih lama

Banyak orang memilih roti untuk mengganjal perut. Pilihan ini sebenarnya tidak salah, apalagi jika roti yang dipilih adalah roti gandum atau jenis biji-bijian.

Roti gandum utuh terbukti mengenyangkan lebih lama. Selain itu, juga ada kandungan serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

"Faktanya, memilih roti yang tinggi serat dan biji-bijian sebenarnya lebih mengenyangkan karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Selain itu, Anda akan mendapat saluran cerna yang sehat juga," kata ahli diet dari Oregon, Megan Byrd.

Karena bisa kenyang lebih lama, Anda jadi tidak perlu makan camilan. Selain asupan kalori terpenuhi, Anda bisa menghindari makan berlebih.

3. Membantu menjaga kesehatan usus

Karena kaya akan serat, roti gandum atau roti dari biji-bijian utuh dapat menjaga kesehatan usus Anda.

Serat berhubungan dengan koloni bakteri baik di dalam usus. Kebutuhan serat yang terpenuhi akan menjaga konsentrasi bakteri baik tetap seimbang dalam usus, sehingga fungsi saluran cerna berjalan dengan baik.

4. Makanan praktis

Roti gandum adalah makanan praktis yang bisa dikombinasikan dengan banyak bahan lainnya. Karena mengandung serat, Anda bisa mengolah roti gandum menjadi sandwich mengenyangkan dengan isian telur dan alpukat.

Serat akan membantu penyerapan karbohidrat menjadi lebih lambat sehingga kenyang lebih lama. Alpukat dan telur bisa memberikan Anda tenaga tambahan karena mengandung protein.

Anda juga bisa mengoleskan selai kacang dan beberapa irisan pisang untuk membuat sandwich padat bergizi.

Namun, saat ini banyak roti gandum di pasaran yang memiliki label 'biji gandum utuh' dengan label nutrisinya membuktikan yang berlawanan. Anda sebaiknya memperhatikan tabel kandungan gizi di kemasan roti. Hindari roti yang mengandung pengawet atau lebih banyak gula.

(mel/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK