Cara Diet Defisit Kalori agar Berat Badan Turun

CNN Indonesia | Rabu, 05/05/2021 13:15 WIB
Syarat agar berat badan turun adalah defisit kalori. Berikut cara diet defisit kalori yang tepat dan efektif menurunkan berat badan. Syarat agar berat badan turun adalah defisit kalori. Berikut cara diet defisit kalori yang tepat dan efektif menurunkan berat badan.(Foto: Gadini/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Syarat agar berat badan turun adalah defisit kalori. Berikut cara diet defisit kalori yang tepat dan efektif menurunkan berat badan.

Kalori adalah unit energi yang diperoleh dari makanan dan minuman. Kalori yang dibakar akan menghasilkan tenaga.

Defisit kalori terjadi saat tubuh membakar lebih banyak kalori dibandingkan asupan kalori yang masuk dari makanan. Kelebihan kalori yang dibakar itu berasal dari cadangan lemak di dalam tubuh.


Artinya, saat defisit kalori tubuh akan membakar lemak dan berat badan pun akan berkurang.

Untuk mencapai defisit kalori, tubuh harus makan lebih sedikit dan beraktivitas fisik lebih banyak. Namun, mengurangi makanan tak boleh terlalu ekstrem agar energi dan nutrisi tubuh dari makanan tetap terpenuhi dengan baik.

Bagaimana cara mengurangi kalori tersebut? Berikut cara diet defisit kalori.

1. Tetapkan target defisit kalori

Ilustrasi DietCara diet defisit kalori adalah dengan menetapkan target pengurangan kalori harian. (Foto ilustrasi: mimiliz2/morgueFile)

Pertama sekali, tetapkan target defisit kalori yang ingin dicapai.

Diet defisit kalori yang disarankan adalah mengurangi sebesar 500 kalori setiap hari dari kebutuhan kalori total. Rata-rata laki-laki dewasa membutuhkan 2.500 kalori per hari dan perempuan dewasa membutuhkan 2.000 kalori per hari.

Anda bisa membuat target defisit kalori setiap hari, misalnya dengan mengonsumsi 1.500 kalori per harii atau 1.700 kalori per hari.

2. Pahami kalori setiap makanan

Thumbnail video cara mengurangi kaloriCara diet defisit kalori adalah dengan memahami jumlah kalori yang ada pada setiap makanan. Dengan begitu, akan lebih mudah dalam mengatur asupan kalori yang masuk. (Foto: CNN)

Pahami kalori yang terdapat dalam setiap makanan yang Anda komsumsi. Periksa label makanan untuk mengetahui kalori makanan tersebut.

Hitung jumlah kalori yang Anda makan. Jika sudah melebihi batas kalori harian, jangan lagi menambah makanan.

3. Kurangi asupan karbohidrat

Ilustrasi KarbohidratCara diet defisit kalori adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. Kurangi porsi karbohidrat yang dimakan setiap hari. (Foto: condesign/Pixabay)

Kalori terbanyak umumnya berasal dari karbohidrat. Kurangi porsi makanan karbohidrat untuk mencapai defisit kalori.

Meski asupan karbohidrat dikurangi, pastikan nutrisi lain tetap terpenuhi seperti protein serta sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan mineral.

4. Hindari makanan cepat saji

Ilustrasi burgerCara diet defisit kalori adalah dengan tidak mengonsumsi makanan cepat saji karena tinggi gula, gram, dan lemak. (Foto: Pixabay/nahandro)


Hindari pula mengonsumsi makanan cepat saji karena mengandung banyak kalori. Makanan cepat saji tinggi gula, garam, dan lemak yang dapat meningkatkan berat badan.

Kurangi pula mengonsumsi gorengan karena memiliki kalori yang tinggi serta lemak jenuh.

5. Olahraga

Fit sporty active young woman learning warrior yoga pose watching live streaming online workout exercise training weightloss class sport tv at home in living room. Fitness tutorial  livestream conceptCara diet defisit kalori adalah dengan berolahraga teratur. Olahraga dapat membakar lemak lebih banyak. (Foto: iStockphoto/insta_photos)


Defisit kalori akan lebih mudah tercapai saat tubuh membakar lebih banyak kalori. Olahraga merupakan cara terbaik untuk membakar kalori lebih banyak. Lakukan olahraga rutin agar diet menurunkan berat badan bisa tercapai.

Itulah cara diet defisit kalori agar berat badan turun. Anda bisa mengikuti langkah tersebut. Konsultasikan pula ke dokter untuk mendapatkan diet defisit kalori sesuai dengan kebutuhan Anda.

(ptj)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK