Efek Samping dan Biaya Perawatan Wajah dengan DNA Salmon

tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 12:00 WIB
Krisdayanti mengungkapkan dia memakai DNA salmon untuk merawat wajahnya. Apa efek samping dan berapa biayanya? Krisdayanti mengungkapkan dia memakai DNA salmon untuk merawat wajahnya. Apa untung rugi dan berapa biayanya? (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Meski sudah hampir masuk usia kepala lima, penyanyi Krisdayanti seperti tidak menunjukkan tanda penuaan. Adik dari Yuni Shara ini malah selalu tampil bersinar, tidak kalah dari penyanyi-penyanyi lain yang usianya jauh lebih muda. Rupanya ia memiliki salah satu rahasia kecantikan yakni perawatan DNA salmon secara rutin.

Melalui akun Instagram pribadinya, @krisdayantilemos, ia mengunggah video saat melakukan perawatan di sebuah klinik kecantikan. Krisdayanti menyebut terapi skin booster ini sudah banyak diterapkan di klinik atau pusat kecantikan di Indonesia.

[Gambas:Instagram]


"Kayak botox kemudian filler untuk smile line, kali ini memang harus tahu takarannya supaya natural,kan enggak mau kelihatan seperti jadi aneh," ujar Krisdayanti dalam video yang diunggahnya.

Akan tetapi untuk memperoleh hasil yang diinginkan tentu ada pengorbanan. Edwin Tanihaha, dokter spesialis kulit dan kelamin, menuturkan biasanya suntik DNA salmon akan menimbulkan efek samping berupa tonjolan-tonjolan di kulit yang akan bertahan dalam hitungan jam atau hari.

Di samping itu, bisa juga terdapat kemerahan atau memar di area bekas suntikan.

"Karena bahannya kan terbuat dari polynucleotide atau poly deoxyribonucleotide yang dapat mengikat air sehingga terbentuk tonjolan sementara di awal penyuntikan, serta memiliki efek hidrasi atau melembabkan kulit," jelas Edwin melalui pesan singkat pada CNNIndonesia.com.

Tonjolan seperti ini terbilang normal dan hanya bertahan dalam hitungan jam. Edwin berkata paling buruk tonjolan akan bertahan beberapa hari lalu hilang. Namun jika Anda melakukan perawatan ini dan tonjolan tidak kunjung hilang dalam tiga hari, sebaiknya konsultasikan pada dokter yang menangani perawatan.

Kemudian Anda pun harus merogoh kocek lumayan dalam untuk melakukan perawatan DNA salmon. Edwin menyebut kisaran biaya untuk sekali perawatan sekitar Rp3-7 juta, tergantung dari bahan DNA salmonnya.

Biasanya perawatan dapat dilakukan tiga kali selang satu bulan. Setelahnya, perawatan bisa dilakukan dua bulan sekali dan bisa dikombinasikan dengan terapi lain. Namun sekarang terdapat DNA salmon dengan konsentrasi lebih tinggi sehingga dosis yang digunakan tidak sebesar biasanya.

"Jadi disuntiknya hanya 5 titik di setengah wajah kita saja dan bisa menyebar di wajah mengikuti aliran kelenjar limfatik wajah kita. Manfaatnya selain untuk melembabkan juga ada mild lifting (mengencangkan) juga," imbuhnya.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK