5 Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 09/05/2021 08:47 WIB
Keberadaan tanaman hias di dalam rumah adalah penting. Selain nilai estetika, keberadaan tanaman hias di dalam rumah juga dapat meningkatkan suasana hati. Ilustrasi. Selain nilai estetika, keberadaan tanaman hias di dalam rumah juga dapat meningkatkan suasana hati. (iStockphoto/fermate)
Jakarta, CNN Indonesia --

Lebaran di rumah saja bukan berarti Anda harus bermuram durja. Buat semarak suasana Lebaran di rumah dengan coba-coba mendekorasi rumah dengan deret tanaman hias yang cantik.

Dalam hal desain interior, Anda tak bisa meremehkan pentingnya memiliki tanaman sebagai bagian dari ruang hidup sehari-hari.

Ada sejumlah alasan mengapa penting untuk memasukkan tanaman hias sebagai salah satu dekorasi rumah. Di luar nilai estetika, keberadaan tanaman hias di dalam rumah memiliki manfaat untuk kesehatan, baik fisik maupun psikis.


Secara fisik, tanaman hias dapat mengurangi racun yang berkumpul di udara dalam ruang rumah. Secara psikis, keberadaan tanaman hias juga dapat meningkatkan suasana hati, yang sangat penting untuk membuat suasana Lebaran di rumah tetap menyenangkan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendekorasi rumah dengan tanaman hias. Berikut mengutip The Spruce.

1. Menaruh tanaman di sudut ruangan

Selalu ditemukan sudut-sudut kosong di rumah yang luas. Kekosongan ini tentu tak enak untuk dipandang dan bisa memberikan kesan membosankan.

Untuk dekorasi satu ini, Anda bisa memilih tanaman-tanaman hias berukuran agak besar yang ditaruh di dalam pot. Taruh tanaman berukuran besar ini di sudut-sudut ruang yang kosong.

Ficus lyrata on a windowsill close-up. Detail of scandinavian interior and copy space. A flower pot in a wicker basket with fringe on a window with shutters.Ilustrasi. Menempatkan tanaman di sudut ruang yang kosong bisa jadi salah satu ide dekorasi rumah. (iStockphoto/Nelly Senko)

Namun, perlu diingat juga bahwa tumbuhan adalah makhluk hidup, sama seperti manusia. Artinya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menaruh tanaman-tanaman itu di sudut ruang yang kosong.

Misalnya saja soal pencahayaan. Beberapa tanaman, seperti peace lily, memang tak rewel soal pencahayaan. Tapi, beberapa tanaman lainnya benar-benar membutuhkan cahaya matahari untuk berkembang.

Selain itu, pastikan juga ukuran tanaman pas jika ditaruh di dalam ruangan. Jangan sampai keberadaan tanaman justru memakan ruang dan membuat ruang terasa sesak. Bagi rumah dengan atap yang tidak terlalu tinggi dan ruang yang tidak terlalu besar, tanaman hias dengan tinggi 1 meter cukup bisa dijadikan pertimbangan.

2. Pertimbangkan anggrek

Saat ini, banyak orang tergila-gila pada jenis tanaman hias dalam bentuk daun. Namun, mereka mungkin lupa, bahwa ada beberapa tanaman hias berbunga yang tak kalah cantik untuk dikoleksi.

Tanaman berbunga memiliki banyak manfaat. Tanaman ini bisa menjadi salah satu sumber aromaterapi yang menenangkan dengan aroma yang dikeluarkan bunga. Selain itu, setiap warna yang dimiliki setiap bunga juga memberikan nilai estetika sendiri.

Anggrek sudah lama menjadi bunga favorit di kalangan desainer interior karena siluet pahatannya dan warna-warna cerah yang menarik. Tak peduli di mana anggrek ditempatkan, mereka selalu menarik perhatian dan berhasil mencerahkan ruangan.

Simak ide dekorasi rumah dengan tanaman hias lainnya pada halaman berikutnya.

5 Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK