8 Sudut Eksotis di Arab Saudi, dari Tebing sampai Pantai

CNN Indonesia | Kamis, 06/05/2021 15:50 WIB
Pemandangan bawah laut di Umluj bahkan disebut lebih indah dari Karibia. Gunung Al Qarah, salah satu destinasi wisata eksotis di Arab Saudi. (istockphoto/ mtcurado)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mendengar kata 'Arab Saudi', mungkin banyak yang langsung terbayang oleh gurun pasir yang tandus. Itu benar, tapi objek wisata di Arab Saudi tak melulu soal pasir. 

Wisatawan yang ingin snorkeling atau diving sebenarnya juga bisa melakukan hobinya di sini. Bahkan pantai-pantainya masih terbilang sepi, sehingga kehidupan bawah lautnya amatlah kaya.

Mengutip CNN Travel dan CN Traveller, berikut delapan rekomendasi tempat wisata di Arab Saudi: 


1. Rijal Almaa

Bangunan di sini didominasi oleh warga kecoklatan mirip Kue Jahe, sehingga banyak yang menyebutnya sebagai Desa Kue Jahe.

Alam di sekitarnya asri dan teduh. Tapi desa ini lebih dari sekadar tempat yang cantik. Sebagian besar penduduknya berasal dari suku Qahtan, yang terkenal dengan pakaian cerah dan mahkota bunga yang dikenakan oleh pria, dan mereka merayakan Festival Manusia Bunga setiap bulan Agustus.

Rijal Almaa / Saudi Arabia - January 20, 2020: Panorama of beautiful historical houses in Rijal Almaa heritage village in Saudi ArabiaRijal Almaa. (istockphoto/ Juan Alberto Casado)

2. Gunung Al Qarah, Al Ahsa

Al Qarah mungkin belum begitu populer sebagai destinasi wisata, padahal pemandangannya amatlah menakjubkan.

Hamparan gua, ngarai, dan gurun pasir nan megah yang terpahat selama ribuan tahun paling baik dilihat dari puncak gunung Al Qarah, yang menjulang setinggi 204,52 meter di atas permukaan laut.

Naiki tebing kapurnya untuk menikmati pemandangan panorama yang indah.

Di dekatnya berdiri kota Hofuf yang dikelilingi perkebunan pohon palem dan desa-desa indah, berikut pertokoan dan restoran tradisional yang membuat pengalaman berwisata di Arab Saudi menjadi lebih otentik.

3. Diriyah

Diriyah, yang dikelilingi oase hijau Wadi Hanifa, dulu kala menjadi pusat budaya, pusat pemerintahan, persimpangan bagi peziarah dan pedagang selama berabad-abad.

Kini Diriyah bak museum besar, salah satunya dengan keberadaan Istana Salwa yang spektakuler.

Kalau perut keroncongan, wisatawan bisa mampir ke salah satu restoran dengan menu khas Arab Saudi yang ada di sana.

Riyadh, Saudi Arabia: Salwa Palace, Ad Dir'iyah, At-Turaif District, UNESCO World Heritage Site - the palace housed the first Saudi state’s treasury, which was responsible for the distribution of salaries and the collection of zakat - the country's first capital, from 1744 to 1818 - Najdi architectureDiriyah. (iStockphoto/mtcurado)

4. Jebel Fihrayn

Jebel Fihrayn yang berada di sebelah barat ibu kota Riyadh, sering disebut Tepi Dunia, karena lanskapnya dihiasi oleh tebing batu yang menjulang tinggi.

Bersafari dengan mobil karavan menjadi cara tepat untuk berkunjung ke kawasan yang sarat dengan keajaiban geologis ini.

Jangan kaget saat melihat banyak unta liar yang masih berkeliaran.

8 Sudut Eksotis di Arab Saudi, dari Tebing sampai Pantai

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK