5 Cara Menunaikan Rindu pada Mekah dan Madinah Via Layar

CNN Indonesia | Sabtu, 23/01/2021 07:59 WIB
Walau jadwal haji dan umrah tahun ini belum pasti, namun lima pilihan wisata virtual ini semoga bisa menunaikan rasa kangen terhadap Tanah Suci. Suasana ibadah haji tahun 2018. (AFP PHOTO / Bandar Al-DANDANI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pandemi virus Corona yang berlangsung sejak tahun lalu masih terus menunda keinginan penduduk dunia untuk berpergian, salah satunya menunaikan ibadah haji dan umrah ke Mekah dan Madinah di Arab Saudi.

Seperti yang diberitakan pada Senin (18/1), Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengirim surat resmi ke Kerajaan Arab Saudi untuk menanyakan kejelasan ibadah haji tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19.

Yaqut berkata pihaknya sedang melakukan berbagai upaya guna mendapatkan kepastian haji. Selain bersurat ke Saudi, Kemenag juga mengadakan pertemuan dengan perwakilan Indonesia di Saudi.


Yaqut memahami Saudi belum bisa memberi kepastian soal haji. Sebab akhir pandemi Covid-19 juga belum diketahui.

Meski begitu, Kemenag tetap bersiap menyiapkan penyelenggaraan haji. Mereka kembali membuat tiga opsi jelang Haji 2021.

Bagi umat Muslim yang sudah rindu beribadah ke Tanah Suci, sebenarnya ada banyak cara untuk menatap Mekah dan Madinah, salah satunya melalui layar telepon genggam atau komputer.

Walau jadwal haji dan umrah tahun ini belum pasti, namun lima pilihan wisata virtual ini semoga bisa menunaikan rasa kangen terhadap Tanah Suci:

1. Wahi

Akun Youtube Wahi menyajikan video VR ini menyajikan pemandangan Makkah bagi kaum Muslim yang penasaran atau rindu dengan situs suci Islam tersebut.

Video berdurasi sembilan menit itu dibuat menggunakan rig kamera VR: enam kamera mengarah ke segala arah. Pengalaman menonton video bakal lebih nyaman jika menggunakan kacamata VR.

Rekaman tersebut kemudian diedit bersama untuk memberikan tampilan 360 derajat selama proses pasca produksi yang menantang.

Mengutip Arab News, kru Wahi menerima dukungan dari pemerintah Arab Saudi dalam pembuatan video ini, memberi mereka akses ke Mekah, serta penggunaan drone dan helikopter.

[Gambas:Youtube]



2. Labbaik VR

Bisa dinikmati melalui situs www.labbaikvr.com, tim pembuatnya sudah mengembangkan video animasi 3D dengan konsep VR mengenai ibadah di Mekah selama delapan tahun.

Yang disajikan dalam video VR juga bukan hanya pemandangan, namun lokasi-lokasi wajib untuk melakukan ritual haji dan umrah, saat tawaf sampai lempar jumrah.

[Gambas:Youtube]



3. MUSLIM3D

Berbeda dengan Labbaik VR, wisata virtual di Mekah ini bisa dinikmati melalui plikasi untuk iOS dan Android.

Saat ini aplikasinya masih dalam tahap pengembangan, namun nantinya selain melihat pemandangan Mekah pengguna juga bisa berinteraksi untuk mengetahui sejarah bangunan suci tersebut.

[Gambas:Youtube]



4. Mecca City Tour

Video yang ada di Youtube ini bisa dikunjungi jika penasaran dengan suasana kota Mekah.

Walau berada di tengah gurun pasir, namun kota ini sudah amat modern lengkap dengan gedung menjulang dan fasilitas publik yang tertata rapi.

[Gambas:Youtube]



5. Makkah Live

Pemandangan Masjidil Haram dan Kakbah secara langsung bisa dinikmati melalui video di Youtube ini.

Setiap hari disiarkan secara langsung, sehingga penonton bisa menikmati pemandangannya dari hari ke hari, dari pagi, siang dan malam.

[Gambas:Youtube]



(ard/ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK