5 Pasang Vitamin dan Mineral yang Ampuh Dikonsumsi Bersamaan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 13:15 WIB
Konsumsi vitamin dan mineral akan membantu kekebalan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berpasangan maka akan meningkatkan efisiensi nutrisi dan sistem imun. Ilustrasi. Konsumsi vitamin dan mineral akan membantu kekebalan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara berpasangan maka akan meningkatkan efisiensi nutrisi dan sistem imun.. (Mizianitka/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Konsumsi pangan bernutrisi kadang tidak bisa mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral untuk tubuh.

Sesekali, konsumsi suplemen diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral lewat konsumsi suplemen. Apalagi di musim pandemi, kekebalan tubuh perlu mendapat perhatian khusus.

"Sistem kekebalan kita memiliki beragam kebutuhan vitamin untuk bekerja dengan baik setiap hari bahkan saat kita tidak sakit. Kurangan vitamin A, B6, B12, C, D, dan E, beta karoten, zat besi dan seng akan merusak kekebalan kita," kata ahli imunologi, Jenna Macciochi, seperti dikutip Harpers Bazaar.


Konsumsi suplemen vitamin dan mineral akan sangat membantu kekebalan tubuh. Ditambah lagi jika dikonsumsi secara berpasangan maka akan meningkatkan efisiensi nutrisi dan sistem imun yang lebih harmonis.

Ahli naturopati Louise Westra berkata nutrisi tertentu akan memerlukan jenis nutrisi lain dan bekerja selaras menjalankan fungsinya. Berikut 5 pasang vitamin dan mineral yang ampuh dikonsumsi bersamaan.

1. Vitamin D dan kalsium

Tanpa konsumsi suplemen pun kalsium bisa Anda peroleh dari berbagai macam produk susu termasuk keju dan yogurt.

Mineral satu ini diperlukan untuk pembentukan dan perlindungan terhadap tulang dan gigi, saraf, pembekuan darah dan mengatur kontraksi otot.

Dilansir Livestrong, untuk membantu penyerapan kalsium Anda memerlukan vitamin D. Jika kekurangan vitamin D, tubuh kesulitan membentuk hormon calcitriol yang akan berkontribusi pada penyerapan kalsium.

2. Vitamin C dan zat besi

Zat besi banyak ditemukan pada daging sapi maupun sayuran. Zat besi sendiri terbagi dalam dua kategori yakni, heme dan nonheme.

Zat besi heme diperoleh dari daging sapi, sedangkan nonheme diperoleh dari biji-bijian dan sayuran hijau. Zat besi heme lebih mudah diserap tubuh daripada nonheme.

Akan tetapi, jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin C atau pangan sumber vitamin C, penyerapan zat besi nonheme akan lebih mudah.

Vitamin C membantu penyerapan zat besi dengan memproduksi elektron pada zat besi sehingga lebih mudah diserap.

3. Magnesium dan kalsium

Sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen magnesium dan kalsium secara bersamaan. Kedua mineral ini akan bekerja sama mengatur kontraksi dan kelenturan otot juga pembuluh kapiler dan mengatur membran sel.

Selain itu, keduanya juga bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi.

4. Vitamin A dan vitamin D

Jika menyoal kekebalan tubuh maka sebaiknya padukan vitamin A dan vitamin D. Westra menjelaskan vitamin A diperlukan untuk pembentukan fungsi sistem imun dan sel epitelial di bagian dalam tubuh seperti mulut, usus dan saluran napas.

"Sementara vitamin D melindungi kita melawan infeksi virus di saluran napas, maka keduanya perlu bekerja sama. Konsumsi vitamin D3 dan A dengan makanan yang mengandung lemak karena keduanya vitamin yang larut lemak dan tubuh Anda akan menyerapnya lebih baik," katanya.

5. Vitamin C dan vitamin B6

Biasanya saat merasakan gejala flu, orang buru-buru mengonsumsi suplemen vitamin C. Ada pula yang memilih untuk mengonsumsi jeruk, stroberi juga buah lain demi melawan infeksi virus.

Namun, Westra menyarankan untuk menambah kekuatan vitamin C dengan memadukannya bersama vitamin B6.

"Infeksi virus melepaskan histamin dalam tubuh dan ini menciptakan banyak gejala yang menyertai infeksi tipe flu atau flu. Namun, vitamin C dan B6 bekerja sama untuk memecah histamin," jelasnya.

"Oleh karena itu, melengkapi dengan vitamin C pada 2000 mg tiga kali sehari telah terbukti mengurangi kadar histamin dalam darah di bawah 40 persen sehingga membantu mengurangi keparahan gejala dan mengurangi tekanan pada kekebalan."

(els/agn)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK