10 Makanan untuk Umur Panjang

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/05/2021 08:30 WIB
Makanan yang Anda konsumsi bisa berpengaruh banyak bagi kesehatan. Tak cuma itu ada juga beberapa makanan untuk umur panjang. Makanan yang Anda konsumsi bisa berpengaruh banyak bagi kesehatan. Tak cuma itu ada juga beberapa makanan untuk umur panjang. (iStockphoto/Mizina)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makanan yang Anda konsumsi bisa berpengaruh banyak bagi kesehatan. Tak cuma itu ada juga beberapa makanan untuk umur panjang.

Kecanduan pada makanan olahan telah membuat kita mengkonsumsi makanan yang tidak cukup bergizi dan merupakan penyebab dari banyak penyakit, seperti obesitas, penyakit kardiovaskular, dan diabetes tipe 2.

Ada makanan yang dapat membuat Anda merasa berenergi, mengurangi risiko penyakit, dan memungkinkan Anda mempertahankan berat badan yang sehat, tubuh sehat dan panjang umur.


Berikut beberapa makanan untuk umur panjang:

1. Sayuran cruciferous

Brokoli, kembang kol, radish, kol, brussels sprouts, arugula, bok choy, dan lainnya termasuk dalam sayuran Cruciferous. Sayuran ini berfungsi sebagai pembangkit tenaga nabati dengan kemampuan unik untuk memodifikasi hormon manusia, mengaktifkan sistem detoksifikasi alami tubuh dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sayuran ini adalah yang paling padat nutrisi dari semua makanan. Konsumsi sayuran ini juga disebut bisa melindungi dinding pembuluh darah dari sinyal inflamasi yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

2. Sayuran hijau

Selain menurunkan berat badan, asupan salad, sayuran hijau, atau sayuran mentah yang lebih banyak dikaitkan dengan penurunan risiko serangan jantung, stroke, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Sayuran hijau juga kaya akan vitamin B folat, ditambah lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang melindungi mata dari kerusakan ringan. Cobalah kangkung, sawi, sawi, bayam, atau selada. Fitokimia yang larut dalam lemak, khususnya karotenoid, yang ditemukan dalam sayuran berdaun hijau mengandung efek antioksidan dan antiinflamasi dalam tubuh.

3. Kacang

Mengutip Very Well Health, kacang merupakan sumber nutrisi tinggi dari lemak sehat, protein nabati, serat, antioksidan, fitosterol, dan mineral, kacang-kacangan adalah makanan rendah glikemik yang juga membantu mengurangi beban glikemik seluruh makanan, menjadikannya komponen penting untuk anti- diet diabetes.

Terlepas dari kepadatan kalori mereka, konsumsi kacang dikaitkan dengan penurunan berat badan, berpotensi karena penekanan nafsu makan dari komponen yang menyehatkan jantung. Makan kacang-kacangan secara teratur juga mengurangi kolesterol dan terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Ini merupakan sumber makanan untuk umur panjang yang baik. 

10 Makanan untuk Umur Panjang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK